BitMex Memprediksi ETF Bitcoin Spot Dapat Melampaui Pasar ETP Crypto Senilai $50 Miliar!

author:

BitMex Memprediksi ETF Bitcoin Spot Dapat Melampaui Pasar ETP Crypto Senilai $50 Miliar!

Dunia keuangan sedang berada di ambang revolusi dengan kedatangan ETF Bitcoin Spot yang disetujui oleh AS. Dengan potensi yang luar biasa, produk ini diharapkan tidak hanya mengubah peta pasar crypto tetapi juga menarik minat investor baru.

Mari kita selami lebih dalam fenomena yang menjanjikan ini.

Pasar Crypto ETP: Sebuah Lanskap yang Berubah

etf bitcoin as
Sumber: X

Pasar global untuk produk crypto yang diperdagangkan di bursa (ETP) telah mencapai tonggak penting, dengan sekitar 150 produk yang bernilai total $50,3 miliar. Produk-produk ini, yang meliputi dana spot dan futures, umumnya mengikuti kinerja mata uang crypto utama seperti Bitcoin dan Ethereum. Grayscale Bitcoin Trust, misalnya, merupakan ETP terbesar dalam kategori ini dan sedang dalam proses konversi menjadi produk ETF spot.

Baca juga: Harga Bitcoin (BTC) akan Tembus Rp773 Juta pada Januari 2024, Simak Prediksinya!

Dengan potensi persetujuan ETF Bitcoin spot oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), pasar ini mungkin akan mengalami perubahan signifikan. Analis dari Bitwise memprediksi bahwa ETF Bitcoin spot bisa menjadi produk ETF paling sukses yang pernah diluncurkan, dengan aset yang dikelola melebihi $72 miliar dalam lima tahun ke depan.

Namun, Van Eck, manajer dana global terkemuka, memberikan pandangan yang lebih konservatif, memperkirakan sekitar $2,4 miliar akan mengalir ke produk Bitcoin spot pada kuartal pertama tahun 2024.

Antisipasi Tinggi Menjelang Keputusan SEC

Semua mata tertuju pada SEC, dengan spekulasi tinggi tentang persetujuan ETF Bitcoin spot, yang mungkin terjadi segera. Jika informasi ini benar, debut ETF Bitcoin spot di AS bisa melampaui seluruh valuasi pasar ETF terkait crypto yang ada saat ini. Hal ini tidak hanya akan memengaruhi produk yang diperdagangkan di bursa yang ada tetapi juga menarik investor baru ke ruang crypto.

Sementara AS belum menyetujui ETF Bitcoin spot, produk seperti ini bukanlah hal baru di pasar global. Negara-negara seperti Kanada, Australia, dan Jerman sudah memungkinkan investor untuk membeli saham dalam ETF Bitcoin spot.

Minat institusional yang tumbuh dalam produk investasi crypto terlihat dari arus masuk bersih $1,6 miliar ke ETF crypto di seluruh dunia hingga saat ini, dengan lonjakan signifikan pada November 2023.

Baca juga: BlackRock Bersiap Luncurkan ETF Bitcoin Senilai $10 Juta!

Favorit Investor dalam Pasar Crypto

Dari 150 dana crypto, 20 ETF teratas telah menarik sebagian besar investasi, dengan total $1,3 miliar mengalir ke dalamnya sepanjang tahun 2023. Secara khusus, ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO), yang diluncurkan selama pasar bull crypto pada Oktober 2021, menonjol sebagai pemimpin dalam arus masuk individu, menambahkan tambahan $278,7 juta pada tahun 2023.

Pasar crypto sedang bersiap untuk menyederhanakan segalanya. Bersiaplah untuk perubahan besar!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: