Bitmain, Raksasa Industri Penambangan Crypto, Menghadapi Krisis Keuangan!

Bitmain, Raksasa Industri Penambangan Crypto, Menghadapi Krisis Keuangan!

Bitmain, produsen terkemuka untuk sirkuit terintegrasi khusus aplikasi (ASIC) Bitcoin, sedang berada dalam situasi yang sulit. Menghadapi tantangan keuangan yang berat, perusahaan ini terpaksa menunda pembayaran gaji karyawan untuk bulan September dan seterusnya.

Bitmain dan Krisis Keuangan yang Menghantui

Bitmain, yang berbasis di Beijing dan didirikan pada tahun 2013, telah menjadi pemain utama dalam industri penambangan Bitcoin. Pada puncaknya, perusahaan ini menguasai sekitar 70% pangsa pasar dalam sektor manufaktur ASIC penambangan Bitcoin.

Baca Juga: Studi Terbaru Menunjukkan Penambangan Bitcoin Bisa Jadi Kunci Revolusi Energi Hijau!

Namun, saat ini, Bitmain sedang berjuang dengan aliran kas yang negatif dan penurunan pesanan untuk ASIC baru. Karyawan Bitmain mengungkapkan bahwa perusahaan telah memotong semua “bonus dan insentif” untuk stafnya dan mengurangi gaji pokok mereka sebesar 50%.

Volatilitas di Industri Crypto dan Penambangan Bitcoin

marathon penambangan bitcoin
Sumber: Coincu News

Industri crypto dan penambangan dikenal dengan sifatnya yang sangat fluktuatif. Kondisi pasar dapat mempengaruhi pemain industri secara signifikan.

Bitmain, yang pernah dipimpin oleh Jihan Wu, pendiri bersama, menyelesaikan perselisihan kepemilikan selama setahun pada 2021 dengan pendiri bersama lainnya, Micree Zhan. Sebagai bagian dari kesepakatan, Wu mengundurkan diri sebagai Ketua dan CEO Bitmain dan menjual saham kepemilikannya kepada Zhan seharga $600 juta.

Bitmain dan Masa Depan Industri Crypto

Penundaan pembayaran gaji karyawan dan tantangan keuangan yang dihadapi Bitmain menyoroti sifat volatil dari industri crypto dan penambangan.

Prospek masa depan Bitmain kemungkinan besar akan bergantung pada kemampuannya untuk berhasil mengatasi tantangan ini.

Meski demikian, perusahaan ini masih memiliki harapan. Baru-baru ini, penambang Bitcoin Hive mengumumkan akuisisi 2.000 penambang ASIC Bitmain S19 XP untuk penyebaran segera ke rig penambangannya.

Paragraf Penutup

Krisis yang dihadapi Bitmain adalah contoh nyata dari tantangan yang mungkin dihadapi oleh perusahaan dalam industri crypto dan penambangan Bitcoin. Namun, dengan navigasi yang tepat dan strategi yang efektif, perusahaan seperti Bitmain masih memiliki peluang untuk pulih dan kembali berkembang.

Baca Juga: Rangkul Penambangan Bitcoin Ramah Lingkungan, Texas Buat RUU Emisi Gas Suar

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi