Bithumb, Raksasa Bursa Crypto Korea Selatan, Siap Melantai di Bursa Saham!

Bithumb, Raksasa Bursa Crypto Korea Selatan, Siap Melantai di Bursa Saham!

Bithumb, salah satu bursa crypto terkemuka di Korea Selatan, dikabarkan sedang mempersiapkan diri untuk melantai di KOSDAQ, setara dengan Nasdaq di Amerika Serikat. Ini merupakan langkah bersejarah, karena Bithumb berpotensi menjadi perusahaan aset digital pertama yang melakukannya.

Perubahan Manajemen dan Dinamika Pasar

Meski Bithumb belum secara resmi mengonfirmasi rencana IPO ini, mereka baru-baru ini telah memilih Samsung Securities sebagai penjamin emisi potensial mereka, langkah kritis dalam proses penawaran publik. Pemilihan penjamin emisi yang sangat terkenal ini menunjukkan keseriusan Bithumb dalam rencananya.

Sementara itu, telah terjadi perubahan signifikan dalam kepemimpinan bursa. Mantan ketua Lee Jeong-hoon telah kembali ke posisinya sebagai direktur terdaftar, sementara CEO Lee Sang-jun, yang terlibat dalam penyelidikan suap yang sedang berlangsung, telah dikeluarkan dari dewan direksi.

Baca Juga: Pemerintah Korea Selatan Luncurkan Sistem Pelacak Crypto. Gimana Dampaknya Bagi Investor?

Keputusan Bithumb untuk mengejar penawaran publik tampaknya sebagian didorong oleh tekanan kompetitif dalam pasar bursa crypto Korea Selatan.

Saat ini, Bithumb menempati peringkat kedua sebagai bursa terbesar di Korea Selatan berdasarkan volume perdagangan harian, berada di belakang Upbit. Ambisi IPO Bithumb dapat dilihat sebagai langkah strategis untuk mengkonsolidasikan posisi pasar mereka dan menantang dominasi Upbit.

Tantangan Regulasi dan Hukum

titik kritis regulasi crypto
Sumber: Colonial Stock Transfer

Bithumb dan Upbit sama-sama menghadapi tantangan regulasi dan hukum belakangan ini. Pada bulan Mei, otoritas Korea Selatan merazia kantor mereka di tengah-tengah tuduhan perdagangan crypto palsu yang terkait dengan seorang anggota parlemen setempat.

Selain itu, pemegang saham Bithumb, Kang Jong-hyun, ditangkap pada bulan Februari atas tuduhan penggelapan setelah penyelidikan atas dugaan aktivitas ilegalnya.

Jong-hyun, yang dianggap sebagai “pemilik sebenarnya” dari Bithumb, adalah kakak laki-laki dari Kang Ji-yeon, kepala afiliasi Bithumb Inbiogen, yang memiliki saham terbesar di Vidente, pemegang saham utama Bithumb.

Paragraf Penutup

Dengan rencana IPO ini, Bithumb berharap dapat membangun kembali kepercayaan publik dalam struktur perusahaannya dan meningkatkan pangsa pasarnya. Meski menghadapi berbagai tantangan, Bithumb tetap optimis dan berambisi untuk menjadi pemimpin pasar dalam industri crypto Korea Selatan.

Baca Juga: Bithumb Siap Go Public di Kosdaq 2025, Upaya Rebut Kembali Tahta Pasar Crypto!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi