Bitfinex Hadirkan Volatilitas Berjangka pada Bitcoin dan Ethereum!

author:

Bitfinex Hadirkan Volatilitas Berjangka pada Bitcoin dan Ethereum!

Jakarta, Pintu News – Dunia crypto kembali menunjukkan dinamikanya dengan peluncuran produk derivatif terbaru oleh Bitfinex. Platform ini kini memperkenalkan kontrak futures volatilitas untuk Bitcoin dan Ethereum, yang menandai langkah besar dalam diversifikasi instrumen perdagangan crypto.

Inovasi ini tidak hanya menambah kedalaman pasar tetapi juga membuka peluang baru bagi para trader untuk mengoptimalkan strategi perdagangan mereka di tengah fluktuasi harga yang tidak terduga.

Inovasi Terkini di Pasar Crypto

Bitfinex, salah satu bursa crypto terkemuka, baru-baru ini mengumumkan peluncuran kontrak futures volatilitas untuk dua aset digital utama: Bitcoin dan Ethereum.

Baca juga: Upaya Peretasan Bitfinex Gagal: Transaksi XRP Senilai $15 Miliar Tidak Berhasil

Produk baru ini memungkinkan para pengguna untuk berdagang berdasarkan volatilitas harga kedua mata uang digital tersebut, bukan hanya harga pasarnya.

Kontrak futures ini diperdagangkan dengan simbol ticker BVIVF0:USTFO untuk Bitcoin dan EVIVFO:USDTFO untuk Ethereum.

Sumber: TradingView

Uniknya, kontrak-kontrak ini dinominasikan, dimarginasi, dan diselesaikan dalam Tether (USDT), stablecoin yang terikat dengan dolar AS dan merupakan yang terbesar di dunia.

“Penciptaan indeks ini memungkinkan pelanggan kami untuk tidak hanya memantau tetapi juga memperdagangkan volatilitas tersirat Bitcoin dan Ether dalam format abadi yang sederhana,” kata kepala derivatif Bitfinex, Jag Kooner, kepada Cointelegraph.

Peluang dan Risiko bagi Trader

Peluncuran produk derivatif ini membuka peluang baru bagi para trader untuk berspekulasi atau menghedging terhadap volatilitas harga Bitcoin dan Ethereum.

Kontrak berjangka abadi atau yang dikenal sebagai swap abadi atau perpetual, adalah jenis kontrak derivatif yang memungkinkan pedagang untuk berspekulasi tentang harga aset di masa depan tanpa tanggal kedaluwarsa.

Menurut Kooner, perpetual futures merupakan “format yang paling banyak diperdagangkan di dunia kripto,” karena kontrak lain bergantung pada struktur tanggal. Dia mencatat:

“Melacak volatilitas tersirat 30 hari dalam kontrak opsi Bitcoin dan Ether tanpa perlu menggulung – yaitu kontrak berjangka bertanggal – membuka produk ini untuk investor ritel dan institusi.”

Kontrak baru ini bergabung dengan lebih dari 60 kontrak berjangka abadi yang tersedia di Bitfinex, termasuk tidak hanya mata uang kripto tetapi juga komoditas seperti logam mulia dan minyak, valuta asing, dan ekuitas.

Baca juga: Agora (AUSD): Stablecoin Baru dengan Dukungan $12 Juta!

“Kontrak baru ini akan memungkinkan kami untuk menambahkan volatilitas tersirat sebagai kelas aset lain,” kata Kooner.

Namun, seperti instrumen derivatif lainnya, kontrak futures volatilitas ini juga membawa risiko. Volatilitas pasar crypto yang tinggi dapat menghasilkan keuntungan besar tetapi juga kerugian yang signifikan.

Masa Depan Perdagangan Crypto

bitfinex crypto
Sumber: Bitfinex

Peluncuran kontrak futures volatilitas oleh Bitfinex menandai era baru dalam perdagangan crypto. Inovasi ini tidak hanya menambah variasi produk yang tersedia di pasar crypto tetapi juga menunjukkan evolusi berkelanjutan dari industri ini.

Dengan semakin banyaknya instrumen derivatif yang tersedia, pasar crypto diperkirakan akan menjadi lebih matang dan menarik bagi berbagai jenis investor.

Kehadiran produk-produk seperti ini juga dapat membantu dalam mengurangi volatilitas harga secara keseluruhan, karena memungkinkan para trader untuk lebih efektif dalam mengelola risiko.

Seiring waktu, ini bisa membawa stabilitas yang lebih besar ke pasar crypto, membuatnya lebih menarik bagi investor institusional dan ritel.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: CryptoMeter.io