Terungkap! Bitdeer Menjadi Salah Satu Penambang Bitcoin yang Paling Hemat Biaya

author:

Terungkap! Bitdeer Menjadi Salah Satu Penambang Bitcoin yang Paling Hemat Biaya

Dalam dunia penambangan Bitcoin yang kompetitif, Bitdeer muncul sebagai pemain yang menonjol dengan biaya penambangan “all-in” yang termasuk terendah di antara perusahaan penambangan yang diperdagangkan secara publik.

Analis dari firma perbankan investasi Benchmark menyoroti bahwa hal ini dapat meningkatkan daya saing Bitdeer menyusul pemotongan Bitcoin yang akan datang.

Keunggulan Biaya dan Infrastruktur

Bitdeer, yang merupakan perusahaan penambangan Bitcoin yang dipisahkan dari perusahaan induk Cina, Bitmain, telah berhasil membedakan dirinya dengan biaya listrik rata-rata sekitar $0,04 per kilowatt jam.

Baca juga: Revolusi Penambangan Kripto: Bitdeer Luncurkan Chip SEAL01

Angka tersebut merupakan salah satu biaya terendah di antara perusahaan penambangan yang diperdagangkan secara publik, memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan.

Selain itu, Bitdeer juga memiliki rencana ekspansi yang ambisius, tingkat penambangan mandiri yang tinggi, dan baru-baru ini mendorong ke bidang kecerdasan buatan.

Target harga perusahaan untuk tahun 2025 diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dari harga saat ini, menunjukkan prospek pertumbuhan yang menjanjikan.

Diversifikasi Pendapatan dan Ekspansi AI

Bitdeer tidak hanya fokus pada penambangan Bitcoin tetapi juga telah berhasil mendiversifikasi aliran pendapatannya melalui penambangan mandiri, berbagi hashrate, dan hosting.

Ekspansi terbaru perusahaan ke dalam solusi komputasi berkinerja tinggi (HPC) dan kecerdasan buatan (AI), serta desain dan pembuatan rig penambangan canggih, menunjukkan inovasi dan adaptasi terhadap tren pasar yang berubah.

Transisi hashrate dari hosting ke penambangan mandiri diharapkan dapat meningkatkan eksposur terhadap kenaikan harga Bitcoin, menambahkan lapisan keuntungan tambahan bagi Bitdeer.

Analis Mark Palmer juga mencatat bahwa Bitdeer berada dalam posisi yang baik untuk mengambil pangsa pasar di sektor AI dan HPC.

Baca juga: Heboh! Saham Penambangan Bitcoin Lampaui $3,5 Miliar dalam Sehari

Prospek Pasca-Halving Bitcoin

bitcoin halving
Sumber: Shape Shift

Meskipun ada kekhawatiran umum tentang dampak pemotongan Bitcoin terhadap profitabilitas perusahaan penambangan, Bitdeer tampaknya berada dalam posisi yang kuat untuk menghadapi tantangan ini.

Dengan biaya operasional yang rendah dan strategi diversifikasi yang kuat, Bitdeer berpotensi untuk tetap menguntungkan bahkan setelah pemotongan hadiah penambangan.

Halving Bitcoin, yang dijadwalkan terjadi pada akhir April 2024, akan mengurangi hadiah yang dibayarkan kepada penambang menjadi setengah. Namun, dengan harga Bitcoin saat ini dan efisiensi operasional Bitdeer, perusahaan ini tidak diperkirakan akan mengalami kerugian.

Dengan strategi yang kuat dan posisi pasar yang unik, Bitdeer menetapkan standar baru dalam efisiensi dan inovasi di industri penambangan Bitcoin.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan dinamika pasar yang terus berubah, Bitdeer siap untuk memimpin jalan menuju masa depan penambangan Bitcoin yang lebih hemat biaya dan berkelanjutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Business Wire