Bitcoin di Zona Bahaya: Antara FOMC dan Halving, Apa yang Menanti?

Bitcoin di Zona Bahaya: Antara FOMC dan Halving, Apa yang Menanti?

Pasar Bitcoin menghadapi minggu yang krusial dengan dua peristiwa besar yang sangat dinantikan: pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dan mendekatnya halving Bitcoin. Analis terkemuka memperingatkan bahwa Bitcoin bisa menguji level $60.000, sementara kondisi makroekonomi dan dinamika pasar menambah ketidakpastian.

FOMC dan Dampaknya terhadap Bitcoin

Pertemuan FOMC yang akan datang menimbulkan spekulasi di kalangan investor dan trader. Dengan inflasi yang terus menjadi perhatian, pasar menantikan keputusan terkait suku bunga dan komentar dari Ketua Federal Reserve, Jerome Powell. Keputusan ini diperkirakan akan mempengaruhi pasar keuangan secara luas, termasuk pasar Bitcoin.

Baca Juga: Pasar Crypto di Ambang Kebijakan Baru: Apa yang Diharapkan dari Pidato Jerome Powell?

Bitcoin saat ini berada dalam mode pemulihan setelah mengalami volatilitas tinggi. Namun, tekanan jual yang berkelanjutan membuat Bitcoin berjuang untuk kembali ke puncak sebelumnya. Dengan FOMC di cakrawala, kondisi perdagangan yang tidak terduga diperkirakan akan berlanjut, menambah ketegangan di pasar.

Halving Bitcoin: Sejarah yang Berulang?

Halving BTC
TradingView

Bitcoin hanya berjarak satu bulan dari halving berikutnya, yang bisa mengikuti pola retracement klasik sebelum halving. Halving ini, yang mengurangi hadiah blok bagi penambang, secara historis telah menjadi katalis untuk pergerakan harga yang signifikan. Meskipun beberapa percaya bahwa Bitcoin bisa mencapai puncak baru sebelum halving, ada juga kemungkinan bahwa Bitcoin akan mengikuti skenario klasik: turun sebelum naik kembali.

Outlook Bearish dan Level Kritis $60.000

Analisis terbaru menunjukkan outlook bearish untuk Bitcoin, dengan potensi penurunan ke level $60.000. Penolakan di area $72.000 dan ketidakmampuan untuk menembus ambang $73.000 telah memperkuat pandangan bearish ini. Level $60.000 menjadi sangat penting, terutama dengan pertemuan FOMC yang dapat menambah volatilitas pasar.

Kesimpulan: Ketidakpastian dan Antisipasi

Dengan FOMC dan halving Bitcoin di depan mata, pasar berada dalam keadaan antisipasi tinggi. Investor dan trader disarankan untuk tetap waspada terhadap potensi volatilitas dan pergerakan harga yang signifikan. Meskipun ketidakpastian menguasai pasar saat ini, peristiwa-peristiwa besar ini bisa menentukan arah Bitcoin untuk bulan-bulan mendatang.

Baca Juga: EtherFi Mengumumkan Airdrop Besar-Besaran, Siapakah yang Beruntung?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: