Bitcoin Whale Bangkit dari Tidur Panjang: Pindahkan $37,8 Juta setelah Tersimpan Lebih dari 10 Tahun

Bitcoin Whale Bangkit dari Tidur Panjang: Pindahkan $37,8 Juta setelah Tersimpan Lebih dari 10 Tahun

Bitcoin, mata uang digital yang terdesentralisasi, telah membuktikan menjadi tempat yang bagi sejumlah besar investor yang misterius atau lebih dikenal sebagai ‘Bitcoin Whales’. Baru-baru ini, salah satu ‘whale’ mengaktifkan kembali dompet yang telah tidur selama lebih dari sepuluh tahun, mentransfer sekitar $40 juta.

Bitcoin Whales Simpan 1.432 Bitcoin Sejak 9 April 2023

Sebuah wallet Bitcoin yang telah ‘tidur’ selama lebih dari sepuluh tahun, dilaporkan aktif kembali dan memindahkan sebanyak 1.432,93 Bitcoin senilai $37,8 juta ke alamat baru. Pertama kali wallet ini menyimpan aset crypto Bitcoin pada 9 April 2013 dengan harga Bitcoin saat itu hanya $195,40.

Decade of Dormancy

Salah satu aspek paling menarik dari Bitcoin adalah anonimitasnya. Faktanya, banyak pemilik bitcoin dengan jumlah besar, atau ‘whales’, yang identitasnya tetap tidak diketahui. Dalam kasus ini, investor yang disebut ‘whale’ telah menyimpan sejumlah besar bitcoin di dalam dompetnya selama lebih dari sepuluh tahun, menjadikannya salah satu pemegang bitcoin tertua yang masih ada. Dalam periode dormansi selama satu dekade, nilai Bitcoin telah naik secara dramatis, membawa nilai total dompet ini ke tingkat yang luar biasa.

Mengapa Sekarang?

Satu pertanyaan utama yang muncul dari transaksi besar ini adalah “mengapa sekarang?” Setelah decade of dormancy, apa yang mendorong whale ini untuk memindahkan sejumlah besar bitcoin? Mungkinkah ini merupakan langkah strategis dalam menanggapi perubahan di pasar crypto? Atau apakah ada alasan lain yang belum kita ketahui? Sementara masih belum ada jawaban yang pasti.

Transfer dalam jumlah besar yang dilakukan whale ini bukanlah satu-satunya dalam beberapa bulan terakhir. Pada 24 April, alamat Bitcoin ‘whale’ yang tidak aktif selama 12 tahun mentransfer hampir $11 juta dalam Bitcoin ke alamat lain. Pergerakan tersebut terjadi hanya beberapa hari selang ‘whale’ Bitcoin lain mentransfer hampir $61 juta dalam Bitcoin setelah tidak aktif selama sembilan tahun.

Implikasi Pergerakan Whale

Pada tahap ini, implikasi dari transaksi ini masih belum jelas. Banyak orang dalam komunitas crypto yang telah merasa terpengaruh oleh kegiatan whale, karena gerakan besar seperti ini seringkali memiliki efek signifikan pada pasar. Meski demikian, fakta bahwa dompet ini telah aktif kembali setelah decade of dormancy adalah sebuah peristiwa yang cukup mengejutkan dan menciptakan spekulasi tentang apa yang bisa terjadi selanjutnya dalam dunia Bitcoin.

Meski penuh misteri, transaksi besar ini menegaskan fakta bahwa Bitcoin, dan pasar crypto secara umum terus menjadi tempat yang menarik bagi investor besar. Dengan banyaknya spekulasi dan teori yang beredar, investor hanya bisa menunggu dan melihat apa yang akan terjadi selanjutnya. Satu hal yang pasti, aktivitas ‘whale’ ini telah menambah warna baru dalam sejarah Bitcoin.

Referensi: