Bitcoin Senilai $1 Miliar yang Telah Lama Tidur Bangkit Kembali: Apa yang Terjadi?

Bitcoin Senilai $1 Miliar yang Telah Lama Tidur Bangkit Kembali: Apa yang Terjadi?

Pada tahun 2023, Bitcoin dari alamat yang telah tidur selama lebih dari 1 dekade mulai bergerak kembali.

Dengan total nilai mencapai hampir $1 miliar, apa yang mendorong pemilik untuk memindahkan aset digital mereka?

Bitcoin Lama Mulai Bergerak

Bukti on-chain menunjukkan bahwa 3 alamat Bitcoin yang tidur sejak Januari 2012 telah bangkit kembali, memindahkan total 325,19 Bitcoin dengan nilai lebih dari $8,6 juta setelah hiatus 11 tahun.

Pada tahun 2023, transaksi Bitcoin tidur mencapai total 37.330 BTC dengan nilai $958 juta berdasarkan nilai tukar BTC saat ini.

Meskipun banyak dari alamat ini berasal dari awal jaringan, reaktivasi mereka sesekali memicu rasa ingin tahu yang luas.

Analisis Transaksi Bitcoin Tidur

Analisis Transaksi Bitcoin Tidur"
btcparser.com

Dalam beberapa tahun terakhir, Bitcoin.com News telah memantau gerakan bitcoin tidur. Pada tahun 2020 dan 2021, banyak transaksi muncul dari dompet crypto era 2010.

Pada April 2023, hadiah blok dari 2010 dipindahkan setelah bertahun-tahun tidur. Namun, transfer kecil pada 2021 berarti bahwa pada 2023, analis blockchain yang melacak Bitcoin tidur yang belum tersentuh mengabaikan transaksi tersebut.

Baca Juga: PlanB dan Strategi Trading Bitcoin yang Menggemparkan: Apa Rahasia Stock-to-Flow?

Data dari btcparser.com menunjukkan bahwa sebanyak 37.330,50 BTC, berasal dari akun tidur antara 2010 dan 2017, kembali aktif. Dengan nilai tukar saat ini, harta karun ini bernilai hampir $958 juta.

Dampak dan Spekulasi

Ketika pemilik awalnya mendapatkan koin, setiap Bitcoin memiliki harga $6,36. Saat itu, nilai harta karunnya hanya $2.068, kontras dengan nilai saat ini sebesar $8,6 juta.

Banyak dari dompet ini yang berasal dari masa awal jaringan, reaktivasi mereka sesekali memicu rasa ingin tahu yang luas di komunitas crypto.

Baca Juga: Korea Utara vs Bitcoin: Dari Ancaman Peretasan $1,7 Miliar hingga Prediksi Harga $700.000!

Seiring berjalannya waktu, jumlah Bitcoin yang belum tersentuh dari periode awal 2010 dan 2011 semakin berkurang, menandai perubahan lanskap kepemilikan crypto dan sifat tak terduga dari kekayaan digital.

Paragraf Penutup

Dengan bangkitnya kembali Bitcoin tidur, komunitas crypto diberikan gambaran tentang bagaimana aset digital dari masa lalu dapat mempengaruhi pasar saat ini.

Ini menunjukkan bahwa meskipun Bitcoin mungkin tidur, mereka tidak pernah benar-benar hilang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: