Lonjakan Harga BTC: Bitcoin Berkembang Pesat Dibanding Emas? Ini Analisis Lengkapnya!

Lonjakan Harga BTC: Bitcoin Berkembang Pesat Dibanding Emas? Ini Analisis Lengkapnya!

Direktur Global Macro Fidelity, Jurrien Timmer, baru-baru ini membagikan analisisnya yang mendalam tentang kinerja Bitcoin.

Meskipun pasar crypto mengalami peningkatan signifikan, Timmer menunjukkan bahwa lonjakan harga Bitcoin saat ini mungkin melampaui fundamentalnya.

Bitcoin dan Hubungan dengan Tingkat Bunga Riil

Bitcoin, sering disebut sebagai “emas digital,” dipandang sebagai simpanan nilai. Aset digital ini, sama seperti emas fisiknya, biasanya mengapresiasi saat tingkat bunga riil menurun, memberikan lindung nilai terhadap inflasi.

Namun, baru-baru ini, Bitcoin tampaknya mengabaikan pengaruh tingkat bunga riil, sebaliknya tampaknya didorong oleh spekulasi seputar pengenalan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) spot.

Baca Juga: Revolusi AI dan Bitcoin: Lightning Labs Luncurkan Alat Pengembang Baru!

Grafik Timmer menunjukkan korelasi yang menarik antara harga Bitcoin, kurva adopsinya (tingkat di mana partisipan baru memasuki pasar) dan lingkungan tingkat bunga riil.

Analisisnya menyiratkan bahwa Bitcoin saat ini mungkin lebih maju daripada seharusnya, mengingat variabel makroekonomi ini.

Spekulasi ETF dan Implikasinya bagi Bitcoin

stok bitcoin di exchange
Unsplash

ETF Bitcoin telah menjadi topik diskusi utama dalam komunitas crypto. Jika disetujui, ETF akan memberikan kendaraan investasi yang mudah diakses bagi investor ritel dan institusi, berpotensi meningkatkan likuiditas dan harga pasar Bitcoin.

Namun, pengamatan Timmer harus menjadi catatan peringatan bagi investor. Lonjakan harga Bitcoin saat ini bisa jadi sebagian besar didorong oleh spekulasi seputar ETF, yang berarti bahwa harganya mungkin tidak dibenarkan secara fundamental oleh tingkat partisipan pasar baru dan latar belakang makroekonomi tingkat bunga riil.

Baca Juga: Coinbase dan CBOE Bergandengan untuk 5 Aplikasi ETF Bitcoin!

Perlu dicatat bahwa pasar secara inheren tidak dapat diprediksi, dan analisis Timmer, meskipun memikat, hanyalah satu perspektif.

Sangat penting bagi investor crypto untuk melakukan penelitian mereka sendiri dan mempertimbangkan berbagai faktor saat membuat keputusan investasi.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: