Bitcoin (BTC) Terjun Bebas, Apakah $38.000 Akan Jadi Kenyataan?

Bitcoin (BTC) Terjun Bebas, Apakah $38.000 Akan Jadi Kenyataan?

Ketidakpastian yang melanda pasar crypto semakin nyata dengan Bitcoin yang terus merosot. Analisis harga terkini menunjukkan bahwa jika Bitcoin tidak segera bangkit, angka $38.000 atau Rp597 juta (kurs $1 = Rp15.700) bisa menjadi kenyataan yang pahit bagi para investor. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang menyebabkan penurunan ini dan bagaimana dampaknya terhadap pasar crypto secara keseluruhan?

Analisis Harga Bitcoin: Zona Bahaya Terdekat

analisis harga bitcoin terkini
Sumber: Akun X Keith Alan

Bitcoin saat ini berada di bawah tekanan jual yang intens, dengan harga yang terus merosot di bawah $39.000. Jika tren ini berlanjut tanpa adanya dorongan dari para pembeli, analis memprediksi bahwa Bitcoin bisa mencapai titik terendah baru di angka $38.000.

Di sisi lain, Binance, sebagai bursa global terbesar, menunjukkan adanya minat pembeli di bawah harga spot saat ini. Namun, penjual tampaknya absen hingga harga mencapai $44.000. Ini menandakan bahwa ada potensi untuk pemulihan harga jika pembeli dapat memanfaatkan situasi ini.

Baca Juga: Harga BTC Anjlok ke $40.000, Mengapa Crypto Turun Hari Ini (23/1/24)?

Penjualan ETF dan Dampaknya pada Pasar

penjualan etf bitcoin
Sumber: Akun X James Seyffart

Penjualan Bitcoin oleh GBTC pada tanggal 22 Januari sebesar $640 juta telah menimbulkan kekhawatiran di pasar. Penjualan ini membatalkan sinyal sebelumnya yang menunjukkan bahwa penjualan mulai melambat.

Namun, ada kabar baik dari ETF lainnya, seperti iShares Bitcoin Trust dari BlackRock, yang melihat peningkatan inflow sebesar $272 juta. Pasar ETF diharapkan akan mulai stabil setelah periode awal peluncuran yang turbulen. Analis memprediksi bahwa akan ada tren kenaikan yang lebih stabil setelah periode awal ini. Ini bisa menjadi sinyal positif bagi pasar crypto yang sedang berusaha pulih.

Baca Juga: 5 Koin Marketcap Kecil dengan Potensi Keuntungan 10x-100x!

Prospek Pasar dan Potensi Likuidasi

prospek pasar dan likuidasi
Harga Bitcoin (BTC) 1 Minggu. Sumber: Market Pintu

Dengan adanya tekanan jual yang kuat, pasar crypto saat ini berada dalam keadaan yang tidak menentu. Namun, ada potensi likuidasi besar bagi para pemegang posisi short jika harga dapat didorong hingga $42.500. Menurut data dari CryptoQuant, likuidasi ini bisa mencapai $2,135 miliar.

Kondisi ini menunjukkan bahwa pasar masih memiliki ruang untuk pergerakan yang signifikan. Para trader dan investor disarankan untuk tetap waspada dan melakukan riset yang mendalam sebelum membuat keputusan investasi di pasar crypto.

Kesimpulan

Dalam kondisi pasar crypto yang penuh gejolak, penting bagi kamu untuk tetap mengikuti perkembangan terkini. Ingatlah bahwa setiap investasi mengandung risiko, dan keputusan yang kamu buat harus didasarkan pada analisis yang cermat. Apakah Bitcoin akan terus merosot atau menemukan pijakan untuk kembali naik, hanya waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi