Setelah 800 Minggu Sejak Peluncuran, Bitcoin Tembus Satu Miliar Transaksi!

author:

Setelah 800 Minggu Sejak Peluncuran, Bitcoin Tembus Satu Miliar Transaksi!

Jakarta, Pintu News – Setelah 800 minggu dan satu hari sejak peluncurannya pada tanggal 3 Januari 2009, Bitcoin, mata uang kripto paling berharga di dunia, telah melampaui satu miliar transaksi yang diproses.

Pencapaian ini terjadi pada saat yang sangat menarik bagi mata uang kripto ini, yang telah mengalami peningkatan level transaksi harian selama setahun terakhir karena protokol baru seperti Bitcoin Ordinals dan Runes menarik lebih banyak aktivitas di blockchain pertama di dunia.

Perjalanan Panjang Bitcoin Menuju 1 Miliar Transaksi

Dilansir dari Cointelegraph, jaringan Bitcoin telah memproses transaksi yang ke satu miliar – menandai sebuah momen penting bagi jaringan ini 15 tahun setelah didirikan.

Baca juga: Prediksi Harga Bitcoin Mei 2024: BTC Meroket ke $64.265, Incar Target $70.000?

Jumlah total transaksi yang diproses di jaringan Bitcoin. Sumber: Clark Moody

Dasbor Bitcoin Clark Moody’s menunjukkan bahwa transaksi 1.000.000.000 diproses di blok 842.241 pada pukul 21:34 UTC tanggal 5 Mei 2024.

Muncul 15 tahun, empat bulan dan empat hari setelah pencipta nama samaran Bitcoin Satoshi Nakamoto, menambang blok pertama jaringan ini pada tanggal 3 Januari 2009.

Jaringan ini telah memproses rata-rata 178.475 transaksi harian dalam 5.603 hari keberadaannya.

Namun, jumlah tersebut tidak termasuk transaksi yang dilakukan di Lightning Network, sebuah protokol pembayaran lapisan-2 Bitcoin yang memungkinkan transaksi lebih cepat.

Transaksi Ethereum Masih Ungguli Bitcoin

Sementara itu, data dari bursa khusus Bitcoin, River, menemukan bahwa Lightning Network memproses estimasi batas bawah sebesar 6,6 juta transaksi pada bulan Agustus 2023, yang menunjukkan bahwa ratusan juta transaksi telah dilakukan di Lightning sejak diluncurkan pada bulan Januari 2018.

Transaksi harian pada Bitcoin melonjak sekitar peristiwa separuh keempat jaringan pada 20 April, dengan rekor tertinggi 926.000 transaksi yang diproses pada 23 April.

Sebagian besar permintaan ini berasal dari peluncuran protokol Runes di blok 840.000.

Meskipun begitu, jumlah transaksi harian Bitcoin telah menurun menjadi 660.260 pada tanggal 4 Mei 2024.

Meskipun Bitcoin adalah jaringan mata uang kripto tertua, Bitcoin bukanlah yang pertama yang memproses satu miliar transaksi.

Baca juga: Ethereum Menuju Revolusi Akun dengan Standar ERC-4337 dan RIP-7560!

Sumber: Etherscan

Di sisi lain, saingan terbesar Bitcoin, Ethereum, telah memproses lebih dari dua miliar transaksi sejak diluncurkan pada bulan Juli 2015, data Etherscan menunjukkan.

Bitcoin: Menuju Dua Miliar Transaksi

Secara keseluruhan, Bitcoin telah menempuh perjalanan panjang sejak diluncurkan pada tahun 2009. Dari mata uang digital yang tidak dikenal menjadi aset investasi utama, Bitcoin telah mengubah dunia keuangan.

Dengan pencapaian satu miliar transaksi ini, Bitcoin semakin memantapkan posisinya sebagai mata uang kripto terkemuka di dunia. Meskipun masih tertinggal dari Ethereum dalam hal jumlah transaksi, Bitcoin memiliki potensi besar untuk terus tumbuh dan berkembang di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: