Bitcoin Melonjak Tembus Rekor Baru di Atas $71.000, Mengapa Bitcoin Naik Hari Ini (11/3)?

author:

Bitcoin Melonjak Tembus Rekor Baru di Atas $71.000, Mengapa Bitcoin Naik Hari Ini (11/3)?

Dalam sebuah gebrakan yang mengejutkan para pengamat pasar, pada 11 Maret 2024, Bitcoin berhasil mencatatkan rekor baru dengan nilai tukar yang melampaui $71.000 atau setara dengan Rp1,1 miliar.

Fenomena ini tidak hanya menarik perhatian para investor tetapi juga menandai babak baru dalam sejarah mata uang crypto. Simak lebih lanjut, yuk!

Harga Bitcoin (BTC) Naik 3,59% dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Pintu Market

Dilansir Pintu market, Bitcoin, mata uang crypto pertama di dunia, baru-baru ini mencapai puncak tertinggi baru sebesar Rp1.137.768.914 pada 11 Maret 2024, setelah mengalami kenaikan sebesar 3,59% dalam 24 jam terakhir.

Menurut laporan Cointelegraph, kenaikan BTC ini merupakan bagian dari tren positif yang telah terjadi selama beberapa minggu terakhir, dengan Bitcoin melonjak lebih dari 10% dalam seminggu dan hampir 47% dalam sebulan terakhir.

Baca juga: Robert Kiyosaki Prediksi Bitcoin akan Tembus $300.000 di Akhir 2024!

Lebih lanjut, kenaikan Bitcoin ini terjadi dalam tiga hari setelah Ethereum berhasil menembus angka $4.000 untuk pertama kalinya sejak Desember 2021. Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya Bitcoin, tetapi juga mata uang crypto lainnya sedang dalam tren positif.

Faktor Pendorong Kenaikan Harga Bitcoin

Dasbor ETF Bitcoin – Sumber: Dune

Salah satu faktor utama yang mendorong kenaikan harga Bitcoin adalah meningkatnya minat dari institusi, terutama setelah peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot di Amerika Serikat.

Sejak diluncurkan, ETF ini telah mengumpulkan lebih dari 4,06% dari total pasokan Bitcoin saat ini, dengan total kepemilikan on-chain yang melebihi $56,9 miliar.

Selain itu, ETF Bitcoin spot berhasil mengumpulkan total 33.000 BTC, senilai sekitar $2,3 miliar, hanya dalam satu minggu terakhir. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam adopsi institusional terhadap Bitcoin dan mata uang crypto lainnya.

Baca juga: Akankah Bitcoin Saingi Emas? JPMorgan Beri Prediksi Mengejutkan!

Tren Jangka Panjang

Alamat Bitcoin dengan saldo >1.000 BTC – Sumber: LookIntoBitcoin

Meskipun Bitcoin mencapai rekor baru, para pemegang Bitcoin besar, atau yang sering disebut sebagai “whale”, terus mempertahankan kepemilikan mereka. Jumlah alamat unik yang memegang setidaknya 1.000 BTC telah meningkat menjadi 2.107 alamat. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan terhadap Bitcoin sebagai aset investasi jangka panjang semakin kuat, meskipun nilai tukarnya terus berfluktuasi.

Kenaikan harga Bitcoin ini juga terjadi menjelang peristiwa “halving” Bitcoin yang sangat dinantikan, di mana hadiah penambangan akan dikurangi menjadi setengah. Peristiwa ini diharapkan akan berdampak lebih lanjut terhadap penawaran dan permintaan Bitcoin, potensial menyebabkan kenaikan harga lebih lanjut.

Dengan melonjaknya harga Bitcoin ke rekor baru di atas $71.000, dunia crypto sekali lagi membuktikan potensinya sebagai aset masa depan.

Kenaikan ini tidak hanya menunjukkan kepercayaan investor terhadap Bitcoin tetapi juga menandai era baru dalam evolusi mata uang digital. Seiring dengan terus berkembangnya teknologi blockchain dan adopsi yang lebih luas, masa depan Bitcoin dan mata uang crypto lainnya tampak semakin cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: