Bitcoin Tembus $68.000, Apakah Altcoin Season akan Segera Tiba?

author:

Bitcoin Tembus $68.000, Apakah Altcoin Season akan Segera Tiba?

Dalam sebuah pergerakan pasar yang mengejutkan, harga Bitcoin (BTC) baru-baru ini melonjak hingga $68.800, mendekati rekor tertinggi sepanjang masa. Lonjakan ini dipicu oleh arus masuk yang kuat ke ETF Bitcoin yang baru diluncurkan, memicu reli yang belum pernah terjadi sebelumnya di Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan.

Namun, beberapa analis pasar terkemuka percaya bahwa investor mungkin mulai memindahkan dana dari Bitcoin ke altcoin, sehingga memulai altcoin season baru di pasar.

Kapan Altcoin Season Dimulai?

Dilansir dari Coingape (5/3/24), dalam satu bulan terakhir, kapitalisasi pasar altcoin telah melonjak sebesar 50%, dari $800 miliar menjadi $1,2 triliun. Kontributor utama di sini adalah koin meme yang memberikan pengembalian berlipat ganda hanya dalam satu minggu terakhir.

Baca juga: Altcoin Season Mengambil Momentum: Memecoin dan AI Memimpin Laju!

Di sisi lain, altcoin teratas seperti Ethereum (ETH), Cardano (ADA), Polygon (MATIC), dan lainnya belum berpartisipasi dalam reli besar ini.

CrediBuLL Crypto, seorang analis populer di dunia crypto, mengeksplorasi topik altseason yang banyak dibicarakan, menawarkan wawasan tentang skenario potensial.

Analis tersebut menyarankan bahwa altcoin mungkin mulai mengungguli setelah Bitcoin (BTC) melampaui rekor tertinggi sebelumnya (ATH). Namun, waktu pergeseran ini masih belum pasti.

Skenario Potensial untuk Altcoin

Ada dua skenario yang mungkin terjadi berdasarkan pola historis. Dalam skenario pertama, BTC mengalami terobosan pasti melewati ATH sebelumnya dan dengan cepat menggandakan nilainya dalam beberapa minggu.

Selama kenaikan cepat ini, altcoin mungkin tidak melihat kenaikan signifikan karena perhatian tetap terfokus pada BTC. Altcoin mungkin hanya mulai rally setelah BTC berhenti setelah terobosannya.

Sebaliknya, BTC bisa mencapai ATH sebelumnya tetapi menghadapi penolakan atau konsolidasi di level tersebut selama beberapa minggu. Selama periode ini, altcoin bisa mulai rally sementara BTC konsolidasi.

Selanjutnya, setelah BTC melanjutkan lintasannya ke atas dan menggandakan nilainya, altcoin dapat terus mendapatkan momentum bersamanya.

Baca juga: Ethereum Staking Capai $116 Miliar: Gelombang Baru Sebelum Upgrade Dencun!

VanEck: ETH akan Mengungguli BTC

bitcoin dan ethereum futures
Sumber: Coincu

Dalam wawancara terbaru dengan CryptoQuant, Kepala Aset Digital VanEck, Matthew Seigel, menyatakan bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun bagi Ethereum dan altcoin lainnya.

Sejauh ini di tahun 2024, Ethereum tetap sebagai pemain yang lebih unggul dibandingkan Bitcoin, dengan yang pertama memiliki keuntungan 56% year-to-date sementara BTC mengikuti dengan keuntungan 50%.

Seigel menambahkan bahwa dalam jangka menengah, ETH berpotensi mengungguli Bitcoin, terutama di tahun halving. Meskipun demikian, ia tidak berpikir bahwa Ethereum akan menggantikan Bitcoin sebagai aset kripto teratas, namun, ia yakin bahwa Ethereum pasti akan mengungguli kelas aset kripto terbesar tersebut.

“Saya pikir ketika tahun ini berakhir, ETH akan mengungguli BTC,” kata Seigel.

Jika demikian, reli harga Ethereum dapat memicu altcoin season baru yang bergerak maju ke tahun 2024.

Pada akhirnya, lonjakan harga Bitcoin yang baru-baru ini menembus $68.000 telah menimbulkan spekulasi tentang kedatangan altcoin season. Dengan kapitalisasi pasar altcoin yang telah melonjak secara signifikan dan analis pasar yang memprediksi pergeseran fokus dari Bitcoin ke altcoin, komunitas crypto mungkin berada di ambang fase baru dalam dinamika pasar.

Apakah ini akan menjadi awal dari altcoin season yang telah lama ditunggu-tunggu, hanya waktu yang akan memberitahu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: