El Salvador Kenalkan Layanan “Bitcoin Tap-to-Pay” Bolt Card

El Salvador Kenalkan Layanan “Bitcoin Tap-to-Pay” Bolt Card

Pada bulan September 2022 lalu, El Salvador menciptakan sejarah sebagai negara pertama di dunia yang menerima Bitcoin sebagai mata uang resmi. Meskipun sempat memgalami kerugian signifikan setahun setelah membeli Bitcoin, negara lain mengikuti langkah yang dilakukan El Salvador untuk menjadikan cryptocurrency sebagai mata uang resminya.

Dilansir dari laman Euro News, negara kedua yang mengikuti langkah El Salvador dalam penerimaan Bitcoin sebagai mata uang resminya adalah Republik Afrika Tengah yang dilakukan pada bulan April 2022 lalu.

Baca Juga: 5 Kebijakan Bitcoin di El Salvador, Sudah Tau?

Bitcoin Tap-to-Pay Manfaatkan fitur NFC

Detikcom

Pemilik Bitcoin di El Salvador kini dapat segera membelanjakan BTC mereka menggunakan fitur “tap-to-pay”. Teknologi pembayaran ini menggunakan fitur near-field communication services (NFC) yang bersifat publik.

Teknologi tersebut akan digunakan oleh Bolt Card, kartu pembayaran dengan teknologi Bitcoin Lighting Network di El Salvador yang diluncurkan pada 12 Oktober 2022 yang lalu. Bitcoin Lighting Network adalah infrastruktur skalabilitas lapisan-2 yang mengizinkan penggunaan ritel dan pengeluaran BTC dalam kehidupan sehari-hari dengan biaya rendah dan tingkat transaksi yang cepat.

Peluncuran sistem pembayaran berbasis tap-to-pay akan membuka jalan untuk meningkatkan pengalaman transaksi BTC yang cepat dan mudah di negara tersebut. Inovasi ini diharapkan pemerintah setempat akan meningkatkan penggunaan BTC di negara tersebut.

Baca Juga: Wow, El Salvador Mengadakan Bitcoin Airdrop Besar-Besaran

Pekembangan Adopsi Cryptocurrency di El Salvador

Financial Times

Presiden El Salvador Nayib Bukele berharap bahwa adopsi cryptocurrency akan memungkinkan mayoritas warganya yang tidak memiliki rekening bank untuk mendapatkan kemandirian finansial.

Dalam waktu 4 bulan setelah mengadopsi BTC, negara ini telah mengaktifkan 4 juta pengguna di wallet Bitcoin yang didukung pemerintah.

Wallet BTC di El Salvador menunjukkan jumlah pengiriman uang sebanyak $52 juta dalam 2 kuartal pertama tahun 2022. Dengan diperkenalkannya pembayaran berbasis Lighting di negara tersebut, sektor pembayaran ritel diharapkan akan mengalami peningkatan penggunaan BTC.

Referensi:

Akshar. Tap-to-pay Bitcoin service introduced in El Salvador. Diakses tanggal: 13-10-22

Prashant Jha. Tap-to-pay Bitcoin Lightning Bolt cards strike El Salvador. Diakses tanggal: 13-10-22

Remitano. Tap-to-pay Bitcoin Lightning Bolt cards strike El Salvador. Diakses tanggal: 13-10-22