Kalahkan Bitcoin Ordinals, Bitcoin Stamps Telah Mencetak 8.300 Stamps dalam 1 Bulan

author:

Kalahkan Bitcoin Ordinals, Bitcoin Stamps Telah Mencetak 8.300 Stamps dalam 1 Bulan

Sejak beberapa hari belakangan, Bitcoin Ordinals tengah ramai dibicarakan karena perkembangannya. Di awal bulan Maret 2023 lalu, salah satu koleksi NFT populer yang sempat berada di jaringan Solana, y00ts, juga telah bergabung dengan tren Bitcoin ordinals.

Tak berhenti di situ, baru-baru ini Decrypt (6/4/23) melaporkan bahwa ada gelombang NFT lain yang mulai membanjiri blockchain Bitcoin, dan uniknya, NFT tersebut bukan dalam bentuk Ordinals.

Kok bisa? Simak selengkapnya hingga akhir!

Stamps Bawa Cara Baru untuk Menyimpan Gambar di Bitcoin

Menurut laporan Bitcoin News (5/4/23), para penggemar Bitcoin telah diperkenalkan pada sebuah metode baru untuk menyimpan gambar di jaringan Bitcoin yang berbeda dengan proses penulisan Ordinal yang telah menjadi tren populer dalam beberapa bulan terakhir.

bitcoin stamps
Sumber: Bitcoin News

Sementara itu, Decrypt mengatakan bahwa protokol STAMPS (Secure Tradeable Art Maintained Securely) yang baru-baru ini muncul, datang dengan mengusulkan metode yang berbeda untuk menyematkan data gambar ke dalam blockchain OG.

Daripada menyimpan data gambar dalam data saksi transaksi yang dapat dipangkas, “Bitcoin Stamps” menyimpannya secara langsung dalam output transaksi yang dapat dibelanjakan.

Memakai nama samaran, pencipta Stamps, Mike In Space di laman proyek GitHub menuliskan,

“Dengan demikian, data dipertahankan sedemikian rupa sehingga tidak mungkin dipangkas dari node penuh, yang mana dapat menjaga data secara permanen selamanya.”

Lebih lanjut, pengembang mencatat bahwa dia sudah berdiskusi dengan Emblem dan Hiro Wallet untuk mengatur integrasi protokol, yang akan memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual Stamps di OpenSea.

Baca juga: Gak Ada Lawan! Microstrategy Jadi Pemilik Bitcoin Terbanyak di Dunia di Kalangan Perusahaan Capai 140.000 BTC

Inovasi Baru dari Stamps

inovasi bitcoin stamps
Sumber: Decrypt

Sejak pertumbuhan Ordinals melonjak pada awal Februari 2023, para pendukungnya berargumen bahwa Ordinals dirasa lebih unggul daripada NFT di platform lain, karena mereka menyimpan data gambar di dalam blockchain Bitcoin. Sebaliknya, NFT Ethereum biasanya hanya berupa penunjuk gambar ke layanan hosting terpusat, yang mana dapat diubah oleh siapa saja yang memiliki kendali atas URL gambar.

Meski begitu, data Ordinals tetap dapat dipangkas berdasarkan pilihan masing-masing node runner, sehingga membatasi kekekalan dan manfaat desentralisasi dari NFT tersebut.

Membawa inovasi baru, kehadiran Bitcoin Stamps akan terus berjalan, yang mana memaksa node untuk menyimpan data gambar mereka di berbagai output transaksi yang tidak terpakai (UTXO).

Kemudian, NFT akan disiarkan ke seluruh jaringan menggunakan Counterparty, protokol lama yang mengantarkan gambar Bitcoin pada tahun 2014 sebelum munculnya istilah “NFT”.

Terkait hal ini pencipta Bitcoin Stamps mengatakan kepada Decrypt,

“Hal ini baik untuk pelestarian seni jangka panjang dengan menyimpannya secara aman di buku besar terkuat yang pernah dibuat oleh manusia, dan juga didukung oleh Proof of Work.

Mike In Space menambahkan bahwa layanan lain sudah dibangun di atas protokol STAMPS, seperti Name Service oleh Rarity Garden.

Bitcoin Stamps Telah Mencetak 8.300 Sejak Peluncurannya

Terlepas dari inovasi baru yang di bawa Stamps, menyimpan data di seluruh node Bitcoin tetap membutuhkan biaya. Bersamaan dengan ini, pencipta protokol ini menyarankan untuk menggunakan Stamps khusus file yang memiliki “24×24 piksel, PNG atau GIF dengan kedalaman 8 warna”, yang ringan guna menutupi biaya penyimpanan implisitnya.

Pada lama GitHub, Mike menuliskan, “Batasan ‘kanvas’ ini sangat ideal untuk seni piksel. Secara khusus, CryptoPunks terkenal menggunakan resolusi asli 24×24 piksel.”

Tidak hanya itu, mengutip Decrypt, Stamps tercatat memiliki manfaat sebagai “semi-fungible”, di mana Stamps dapat diterbitkan sebagai aset digital “1 dari 1” atau “1 dari banyak”.

btc stamps kalahkan ordinals
Sumber: Twitter

Berdasarkan cuitan yang diunggah pada 4 April 2023, Trevor.btc, pembawa acara The Ordinals Show, mengakui bahwa fitur Stamps mirip dengan standar multi-token Ethereum ERC-1155, yang membuat pertumbuhannya sangat cepat.

Pada saat kepenulisan, situs web Stamps menunjukkan bahwa lebih dari 8.300 Stamps telah dicetak sejak peluncurannya pada tanggal 7 Maret 2023. Angka ini cukup meledak dibandingkan dengan kurang dari 500 Ordinals dalam periode waktu yang sama setelah peluncurannya.

Meskipun demikian, jumlah Ordinals di Bitcoin terus bertambah, yang kini telah mencapai lebih dari 910.000, menurut Dune Analytics.

Masih bingung dengan Bitcoin Ordinals? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Terlepas dari meningkatnya popularitas Bitcoin Ordinals dan Bitcoin Stamps, baru-baru ini Bitcoin (BTC) diprediksi memiliki pergerakan besar di bulan April 2023, yang berpotensi mendorong bullish hingga Rp496 juta. Penasaran? Cari tau selengkapnya di Prediksi Harga Bitcoin (BTC) April 2023.


Rerefensi: