Harga Bitcoin Tercatat Stabil Sebelum Data CPI Maret dan Rapat FOMC

author:

Harga Bitcoin Tercatat Stabil Sebelum Data CPI Maret dan Rapat FOMC

Jakarta, Pintu News – Di tengah ketidakpastian ekonomi global, harga Bitcoin baru-baru ini berada di sekitar level $69.500, menunggu data ekonomi kunci yang akan dirilis minggu ini.

Selain itu, produk Bitcoin ETN mulai hari ini tersedia untuk diperdagangkan di Bursa Saham London.

Data Makro Kunci yang Dinanti

Minggu ini, investor bersiap menghadapi serangkaian peristiwa dan rilis data ekonomi makro, termasuk beberapa indikator ekonomi AS kunci dan keputusan suku bunga dari bank sentral utama di seluruh dunia.

Baca juga: Menjelang Halving Bitcoin: 3 Crypto yang Perlu Diperhatikan untuk Minggu Ini

Amerika Serikat dijadwalkan untuk mengumumkan Indeks Harga Konsumen (CPI) Maret pada 10 April 2024, diikuti oleh rilis notulen Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Maret pada 11 April.

Ada kemungkinan tinggi, diperkirakan sebesar 93,3%, bahwa FOMC akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada bulan Mei.

Seiring berjalannya bulan ini, bank sentral utama akan mengikuti langkah Federal Reserve dengan mempertahankan suku bunga pada level saat ini. Rilis data ekonomi AS yang kuat telah meredam ekspektasi potongan suku bunga, memperpanjang lingkungan suku bunga tinggi.

Dalam konteks ini, saham AS, yang menjadi barometer untuk aset berisiko, mengalami volatilitas signifikan.

Aksi Harga Bitcoin ke Depan

Di pasar crypto, level harga $70.000 untuk Bitcoin (BTC) tetap menjadi medan pertempuran yang sengit. Namun, cryptocurrency lain selain Bitcoin telah memasuki pasar bear teknis, menghadapi tekanan turun.

Beberapa analis pasar juga percaya bahwa harga Bitcoin mungkin akan konsolidasi hingga halving untuk melanjutkan reli naik hingga $120.000 pada akhir tahun.

Sumber: X

Investor terkemuka, yang dikenal sebagai “whale Bitcoin,” telah mengumpulkan jumlah Bitcoin yang signifikan, menunjukkan sentimen pasar yang positif. Dalam transaksi terbaru, salah satu whale tersebut membeli BTC senilai $90 juta.

Analis di CoinGlass berspekulasi potensi short squeeze untuk Bitcoin jika harga melampaui $72.000. Skenario ini mungkin mendorong paus untuk mempertahankan atau meningkatkan kepemilikan mereka, akibatnya mendorong harga lebih tinggi.

Baca juga: Scarammuci Memprediksi Harga Bitcoin akan Tembus $170.000!

Apa yang Diharapkan Selanjutnya?

Aksi harga Bitcoin saat ini terbatas dalam pola segitiga simetris, mencerminkan keadaan ketidakpastian di pasar. Terobosan di atas segitiga menunjukkan lintasan bullish menuju level sekitar $73.777 atau mungkin bahkan $80.000. Sebaliknya, pelanggaran di bawah pola dapat menyebabkan penurunan menuju tanda $59.000.

Dalam situasi ekonomi global yang penuh ketidakpastian ini, mata para investor tertuju pada Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan.

Apakah Bitcoin akan melanjutkan tren naiknya atau menghadapi tantangan baru, hanya waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: News BTC