Bitcoin Siap Sentuh $73.000, Donald Trump Dukung Hak Penggunaan Bitcoin

Bitcoin Siap Sentuh $73.000, Donald Trump Dukung Hak Penggunaan Bitcoin

Bitcoin kembali mencetak rekor tertinggi sepanjang masa pada pembukaan Wall Street, 11 Maret, dengan harga yang melonjak menuju $73.000. Harga Bitcoin (BTC) terus meroket, mencatatkan kenaikan harian sebesar 5%.

Harga Bitcoin Terus Meroket

Harga Bitcoin Terus Meroket
CoinGlass

Data dari Cointelegraph Markets Pro dan TradingView menunjukkan bahwa harga Bitcoin terus mengalami kenaikan, dengan kenaikan harga harian mendekati 5%. Setelah mengalami sedikit penurunan setelah penutupan mingguan, BTC/USD kembali bangkit dengan kuat selama sesi perdagangan Asia. Suasana pasar didukung oleh dukungan halus terhadap Bitcoin dan crypto oleh kandidat presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Baca Juga: Bitcoin Tembus $71.000, Akankah Terus Meroket?

Dengan tren kenaikan yang kuat, pengamat pasar Bitcoin hanya bisa menunggu untuk melihat ke mana arah pasar selanjutnya. Tetap berhati-hati, Keith Alan, salah satu pendiri sumber daya perdagangan Material Indicators, berpendapat bahwa harga harus mencapai $75.000 untuk memasuki kondisi likuiditas rendah dan meningkatkan keuntungan lebih cepat.

Posisi short Bitcoin diperkirakan akan menanggung beban likuidasi pada 11 Maret. Perjalanan awal ke $71.000 membuat para pelaku short kehilangan sekitar $30 juta, menurut data dari sumber statistik CoinGlass, dan jumlah tersebut terus meningkat. Selama 10 hari pertama bulan Maret, sekitar $500 juta short dilikuidasi. Pada saat penulisan, total tersebut diperkirakan akan meningkat hampir $100 juta jika Bitcoin menembus $73.000.

Trump Dukung Hak Penggunaan Bitcoin

Dukungan Donald Trump terhadap hak penggunaan Bitcoin menjadi salah satu faktor yang mendorong kenaikan harga Bitcoin. Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Trump menyatakan bahwa ia mendukung hak individu untuk menggunakan Bitcoin dan mata uang crypto lainnya. Ia juga mengkritik kebijakan pemerintah yang terlalu ketat terhadap crypto.

Pernyataan Trump tersebut disambut positif oleh komunitas crypto. Banyak yang melihatnya sebagai tanda bahwa pemerintah AS mulai melunak terhadap crypto. Hal ini tentu saja menjadi sentimen positif bagi pasar crypto dan dapat mendorong kenaikan harga lebih lanjut.

Likuidasi Short Bitcoin Meningkat

Likuidasi Short Bitcoin Meningkat
CoinGlass

Kenaikan harga Bitcoin yang cepat juga menyebabkan peningkatan likuidasi posisi short. Posisi short adalah posisi jual yang diambil oleh trader dengan harapan harga akan turun. Ketika harga justru naik, trader yang mengambil posisi short akan mengalami kerugian dan terpaksa menutup posisi mereka, yang disebut dengan likuidasi.

Pada 11 Maret, terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah likuidasi short Bitcoin. Menurut data dari CoinGlass, total likuidasi short Bitcoin mencapai sekitar $30 juta pada hari itu. Ini menunjukkan bahwa banyak trader yang salah memperkirakan arah pergerakan harga Bitcoin dan harus menutup posisi short mereka dengan kerugian.

Penutup

Kenaikan harga Bitcoin yang luar biasa dalam beberapa hari terakhir telah mengejutkan banyak orang. Dukungan dari Donald Trump dan peningkatan likuidasi short Bitcoin menjadi beberapa faktor yang mendorong kenaikan harga. Meskipun demikian, pasar crypto tetap fluktuatif dan tidak dapat diprediksi, sehingga investor crypto harus tetap berhati-hati dan melakukan riset sebelum berinvestasi.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak, Pasar Crypto Gempar!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi