Bitcoin Siap Melonjak? Ini yang Harus Kamu Ketahui!

Bitcoin Siap Melonjak? Ini yang Harus Kamu Ketahui!

Dalam dunia pasar crypto yang penuh gejolak, Bitcoin tampaknya siap untuk melonjak. Meski demikian, ada beberapa indikator yang perlu kamu perhatikan. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Perilaku Aneh Indikator Utama Bitcoin

Pasar crypto selalu mengalami siklus bullish dan bearish, yang biasanya berlangsung beberapa bulan.

Namun, kali ini tampaknya berbeda, kita masih menyaksikan siklus bearish terpanjang. Selama beberapa siklus terakhir, beberapa metrik utama telah memberikan sinyal akurat tentang apa yang bisa diharapkan dari Bitcoin.

Baca Juga: Arthur Hayes Ungkap Teori ‘Double Happiness’, Menandakan Market Crypto yang Bullish?

Namun, kali ini, salah satu metrik utama Bitcoin, yang disebut NVT Signal, berperilaku aneh. Meski demikian, meski NVT Signal bertindak berbeda, masih ada beberapa metrik lain yang perlu kamu perhatikan.

Indikator Lain yang Perlu Diperhatikan

bitcoin q4 2023

Misalnya, reserve risk digunakan untuk menilai kepercayaan pemegang jangka panjang terhadap harga koin asli pada titik waktu tertentu.

Menurut data Glassnode, harga BTC masih berada di zona akumulasi yang tepat, yang berarti bahwa investor masih bisa memanfaatkan peluang ini untuk membeli lebih banyak koin.

Perspektif penambang juga penting saat menganalisis harga BTC. Menurut Glassnode, saldo penambang menunjukkan momentum naik, mencerminkan kepercayaan mereka pada BTC.

Bitcoin Siap Melonjak?

Seorang analis crypto yang banyak diikuti mengatakan bahwa sejumlah indikator kerangka waktu tinggi saat ini menunjukkan bahwa pasar bearish Bitcoin telah berakhir dan ekspansi ke atas tampaknya segera terjadi.

Analis ini membagikan grafik dengan candle bulanan, Bollinger bands, dan indikator tambahan yang menunjukkan lebar logaritmik antara band-band tersebut relatif terhadap rata-rata bergerak 200 bulan.

Grafik ini tampaknya menunjukkan bahwa Bollinger bands Bitcoin, yang mengukur volatilitas relatif, telah cukup terkompresi untuk meramalkan kemungkinan breakout ke atas.

Paragraf Penutup

Meski demikian, kemungkinan penurunan dalam jangka pendek cukup tinggi karena Indeks Aliran Uang (Money Flow Index) Bitcoin memasuki zona overbought.

Selain itu, Indeks Kekuatan Relatif (Relative Strength Index) BTC juga mencatat penurunan, yang semakin meningkatkan peluang pergerakan ke selatan dalam beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Market Bitcoin (BTC) ‘Merah’ di Q3 2023, Gimana Kondisi Market di Q4 Mendatang?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi