Harga Bitcoin (BTC) Bersiap Melonjak? 3 Indikator Ini Beri Sinyal Kuat!

Harga Bitcoin (BTC) Bersiap Melonjak? 3 Indikator Ini Beri Sinyal Kuat!

Pasar crypto tengah berdebar dengan sinyal-sinyal yang menunjukkan bahwa Bitcoin (BTC) akan segera mengalami kenaikan harga. Seorang analis pasar yang telah lama berkecimpung di dunia crypto mengungkapkan bahwa ada tiga indikator kunci yang menandakan kemungkinan pergerakan harga Bitcoin dalam waktu dekat. Apakah ini saat yang tepat untuk kamu memperhatikan investasi crypto kamu?

Bollinger Bands Menyempit

analisa btc terbaru
Sumber: Akun X Matthew Hyland

Bollinger Bands, salah satu indikator volatilitas yang populer, kini menunjukkan tanda-tanda penyempitan setelah periode ekspansi. Penyempitan ini seringkali diikuti oleh peningkatan volatilitas harga Bitcoin. Pada awal tahun, Bollinger Bands mencapai posisi yang sangat sempit, yang kemudian diikuti oleh lonjakan harga Bitcoin melewati $30.000.

Grafik yang diposting oleh analis menunjukkan betapa sempitnya Bollinger Bands saat ini. Ini bisa menjadi indikasi bahwa pasar crypto akan segera mengalami pergerakan harga yang signifikan. Kamu mungkin ingin memantau indikator ini untuk melihat apakah tren akan berlanjut atau berubah arah.

Baca Juga: 3 Mata Uang Crypto di Bawah $1 yang Berpotensi Meledak di 2024!

RSI Menunjukkan Level “Oversold”

rsi btc oversold
Sumber: Akun X Peter Brandt

Relative Strength Index (RSI) telah menjadi alat yang andal bagi para trader Bitcoin selama comeback bullish kuartal keempat. Indikator osilator momentum ini memberikan gambaran apakah BTC/USD terlalu dibeli (overbought) atau terlalu dijual (oversold) pada harga tertentu. Saat ini, RSI berada di angka 53, jauh di bawah garis “overbought” yang berada di angka 70.

Pada kerangka waktu yang lebih panjang, RSI juga menunjukkan prospek yang menjanjikan. Analis veteran Peter Brandt bahkan mencatat bahwa RSI bulanan berada di titik manis di mana pasar bull sebelumnya mengalami percepatan yang signifikan. Meskipun ini bukan prediksi, hal ini patut untuk diperhatikan oleh kamu yang mengikuti dinamika harga Bitcoin.

Baca Juga: Harga Bitcoin (BTC) Berpotensi ke $250.000 di Akhir 2024? Ini Prediksi dari Tim Draper!

MACD Berpotensi Menjadi Penghalang

macd bitcoin
Sumber: Akun X Matthew Hyland

Namun, ada satu indikator lain yang mungkin menjadi penghalang bagi optimisme para bull Bitcoin. Moving Average Convergence Divergence (MACD) pada kerangka waktu tiga hari menunjukkan potensi perubahan tren menjadi bearish. Analis mencatat bahwa masih ada beberapa hari lagi untuk melihat apakah sinyal ini akan membatalkan dirinya sendiri karena pergerakan harga.

Sepanjang tahun, MACD telah terbukti akurat 100% dalam memprediksi pergerakan harga yang lebih rendah atau lebih tinggi. Oleh karena itu, ini adalah indikator yang tidak boleh diabaikan. Kamu mungkin ingin mempertimbangkan informasi ini saat merencanakan strategi investasi crypto kamu.

Dengan indikator-indikator ini menunjukkan sinyal yang kuat, pasar Bitcoin tampaknya sedang bersiap untuk pergerakan harga yang baru. Apakah ini akan menjadi awal dari tren bullish atau bearish, hanya waktu yang akan menjawab. Namun, bagi kamu yang terlibat dalam pasar crypto, ini adalah saat yang menarik untuk terus waspada dan siap mengambil tindakan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: