Bitcoin Bersiap Melonjak? Simak Pergerakan Pasar Menjelang Data Inflasi AS!

Bitcoin Bersiap Melonjak? Simak Pergerakan Pasar Menjelang Data Inflasi AS!

Menjelang pengumuman data inflasi AS, para pemegang Bitcoin besar atau yang dikenal sebagai ‘whale’ terlihat semakin gencar mengumpulkan aset digital ini. Situasi ini terjadi di tengah volatilitas pasar yang tinggi dan antisipasi terhadap kebijakan suku bunga Federal Reserve. Apakah ini pertanda akan ada lonjakan harga Bitcoin yang signifikan? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Whale Bitcoin Beraksi

whale btc
Transaksi Whale Bitcoin (BTC) | Sumber: IntoTheBlock

Pada hari-hari menjelang rilis data Consumer Price Index (CPI) AS, tercatat peningkatan akumulasi Bitcoin oleh para whale. Mereka tampaknya memanfaatkan ketidakpastian pasar untuk menambah kepemilikan mereka. Analisis terbaru menunjukkan bahwa terjadi penambahan deposit Bitcoin sebesar 30.000 BTC ke dalam bursa crypto selama akhir pekan.

Meskipun demikian, permintaan Bitcoin dari investor korporat terlihat menurun. Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk ketidakpastian ekonomi global dan dinamika pasar crypto yang berubah-ubah. Namun, aktivitas akumulasi oleh whale ini bisa menjadi indikator penting bagi para pelaku pasar.

Baca Juga: Inflasi AS Melambat 3,1%, Apakah Aset Crypto Akan Bangkit?

Antisipasi Data Inflasi dan Dampaknya

Data inflasi CPI AS yang dirilis pada 12 Desember menunjukkan angka inflasi tahunan sebesar 3,1%, sesuai dengan prediksi para analis. Angka ini memberikan sedikit kelegaan karena menandakan bahwa inflasi mungkin tidak seburuk yang dikhawatirkan beberapa pihak. Ini juga memberikan ruang bagi Federal Reserve untuk mempertimbangkan penundaan kenaikan suku bunga.

Seiring dengan rilis data tersebut, harga Bitcoin sempat menembus angka $42.000 di Coinbase, naik 1,8% dalam sehari, sebelum kembali turun di bawah $42.000. Pergerakan harga ini menunjukkan reaksi pasar yang cepat terhadap kondisi ekonomi makro, dan banyak yang menantikan langkah selanjutnya dari Federal Reserve.

Baca Juga: Whale Shiba Inu Borong 4 Triliun Token, Apa Dampaknya Bagi Market Crypto?

Prediksi Harga Bitcoin: Apa yang Diharapkan?

Dengan situasi pasar yang dinamis, banyak analis crypto mencoba memprediksi arah pergerakan harga Bitcoin selanjutnya. Level dukungan $35.000 dianggap krusial dan harus dipertahankan agar tren bullish dapat berlanjut. Jika level ini tidak bertahan, mungkin kita akan melihat penurunan lebih lanjut.

Namun, jika Bitcoin berhasil mempertahankan momentumnya dan data ekonomi mendukung, tidak mustahil kita akan melihat angka $40.000 sebagai target harga berikutnya. Tentu saja, ini semua tergantung pada bagaimana pasar merespon data inflasi dan kebijakan moneter yang akan datang.

Dengan semua mata tertuju pada data inflasi AS dan aktivitas akumulasi oleh whale Bitcoin, pasar crypto berada di ambang momen kritis. Apakah kamu sudah siap untuk kemungkinan lonjakan harga Bitcoin berikutnya? Tetaplah waspada dan lakukan analisis mendalam sebelum membuat keputusan investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: