Bitcoin Bersiap Melonjak? Simak Analisis Mirip Kisah Amazon!

Bitcoin Bersiap Melonjak? Simak Analisis Mirip Kisah Amazon!

Malam ini, dunia crypto menunjukkan dinamika yang beragam, dengan Bitcoin mengalami koreksi sementara, sementara beberapa altcoin justru meraih keuntungan signifikan. Apakah ini pertanda Bitcoin akan segera melonjak tinggi, mirip dengan pemulihan Amazon pada tahun 2010? Mari kita selami lebih dalam.

Bitcoin: Koreksi atau Lonjakan Selanjutnya?

Bitcoin sempat mengalami penurunan menjadi $41.800, menandakan bahwa para trader mungkin sedang mengamankan keuntungan setelah kenaikan signifikan dari $38.000 hanya dalam waktu seminggu. Namun, Ethereum, salah satu altcoin terkemuka, justru mencatatkan kenaikan hingga 5%, mencapai titik tertinggi sejak Mei 2022.

Total likuidasi di pasar crypto mencapai $374,41 juta dalam 24 jam terakhir, dengan 109.015 trader terpengaruh. Order likuidasi terbesar terjadi di OKX, dengan nilai $8,23 juta. Kapitalisasi pasar global crypto kini telah mencapai $1,6 triliun, naik 1,34% dalam 24 jam terakhir.

Baca Juga: Harga Bitcoin (BTC) Anjlok, Ratusan Juta Dolar Menguap dalam Sekejap!

Sementara itu, indeks saham AS menunjukkan kenaikan tipis pada malam hari, dengan Dow Jones Industrial Average futures naik 22 poin atau sekitar 0,06%. S&P futures dan Nasdaq 100 futures mengalami kenaikan kurang dari 0,1%. Kedua indeks tersebut menutup pekan dengan kenaikan selama enam minggu berturut-turut.

Prediksi Pasar dan Kebijakan Fed

Prediksi Pasar dan Kebijakan Fed
Nasdaq

Pertemuan kebijakan Fed yang akan datang pada hari Rabu diprediksi akan mempertahankan suku bunga fed funds di kisaran 5,25% hingga 5,5%, yang telah berlaku sejak Juli. Alat FedWatch dari CME Group menunjukkan probabilitas 45% bahwa Fed akan mengurangi suku bunga sebesar 0,25 poin persentase pada bulan Maret.

Analis crypto, Michael Van de Poppe, mencatat bahwa kapitalisasi pasar altcoin baru-baru ini telah keluar dari kisaran sideways selama 18 bulan, dengan potensi puncak berikutnya antara $1,1 triliun hingga $1,3 triliun.

Eli Taranto, Direktur Eksekutif di EQI Bank, menyatakan bahwa meskipun Bitcoin mengalami kenaikan selama akhir pekan, risiko penurunan masih ada, dengan prediksi harga sekitar $40.000 selama periode liburan.

Taranto menambahkan bahwa tekanan pada Bitcoin akan terus meningkat seiring investor ritel yang mungkin memilih untuk mengambil keuntungan selama periode liburan.

Analisis Teknikal: Bitcoin vs Amazon

ekspansi amazon di web3
Sumber: Linas Substack

Seorang analis crypto yang menggunakan nama samaran TechDev membandingkan pergerakan harga Bitcoin selama tiga tahun terakhir dengan saham Amazon (AMZN) pada tahun 2010 dan 2011. Kedua grafik menunjukkan puncak ganda diikuti oleh koreksi signifikan ke harga tertinggi sebelumnya.

TechDev menekankan bahwa kedua aset tersebut juga mengalami lonjakan parabola mendadak ke harga tertinggi baru tanpa penurunan yang signifikan di antaranya. “Gerakan cepat ke harga tertinggi baru dari sini tidak akan aneh untuk retest flat yang diperluas dari ATH sebelumnya, jika kamu bisa melampaui narasi kawanan mengenai halving.

Bukan jaminan. Skenario retest $32.000 masih ada di meja. Tapi jika kita hanya naik ke harga tertinggi baru dari sini, saya tidak akan terkejut. Ketika analogi struktural bekerja, itu karena perilaku spekulatif manusia massal tidak berubah, terlepas dari asetnya.”

Paragraf Penutup

Dengan analisis yang menarik dan perbandingan dengan pemulihan Amazon, pasar crypto saat ini sedang diawasi ketat oleh para investor dan analis. Apakah Bitcoin akan mengikuti jejak Amazon dengan lonjakan parabola yang mengejutkan? Hanya waktu yang akan menjawab.

Baca Juga: Keberhasilan Investasi Bitcoin di El Salvador, Berapa Portofolio BTC EL Salvador Sekarang?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi