Bitcoin Sentuh Rekor Tertinggi terhadap Yen, Indikasikan Tekanan pada Mata Uang Fiat Jepang

Bitcoin Sentuh Rekor Tertinggi terhadap Yen, Indikasikan Tekanan pada Mata Uang Fiat Jepang

Mata uang fiat seperti dolar AS, yen Jepang, euro, dan lainnya tidak didukung oleh aset keras, dan nilainya bersifat subjektif dan sepenuhnya bergantung pada persepsi pasar pada titik mana pun. Kenaikan Bitcoin saat ini menunjukkan persepsi pasar saat ini, dengan sentimen terlemah untuk yen (JPY) di antara mata uang fiat utama.

Bitcoin Capai Rekor Tertinggi terhadap Yen Jepang

Bitcoin Capai Rekor Tertinggi terhadap Yen Jepang
TradingView

Pada Senin pagi, mata uang crypto terkemuka, yang sering dianggap sebagai emas digital, mencapai rekor tertinggi baru di 7,9 juta yen di bursa crypto yang berbasis di Tokyo, bitFlyer.

Sebaliknya, harga mata uang crypto dalam denominasi dolar berada di atas $52.000 atau 32% di bawah rekor tertinggi $69.000 yang dicapai pada November 2021, menurut data dari platform grafik TradingView.

Baca Juga: AI: Ancaman bagi Manajer Aset Kelas Menengah

Perbedaan harga mencerminkan tekanan relatif pada yen Jepang, yang berasal dari pelonggaran likuiditas berkelanjutan Bank of Japan (BOJ), inflasi yang meningkat kembali, dan tanda-tanda pelemahan ekonomi. Ekonomi Jepang tergelincir ke dalam resesi ekonomi pada akhir tahun lalu, turun ke posisi keempat di belakang Jerman.

Yen Jepang Terdepresiasi, Bitcoin Diuntungkan

jepang siapkan yen digital
Sumber: Forkast News

Sementara Federal Reserve atau Fed dan bank sentral lainnya menaikkan suku bunga secara agresif pada tahun 2022 dan 2023 untuk menjinakkan inflasi, BOJ mempertahankan suku bunga pada nol dan terus mencetak banyak uang fiat.

Inflasi inti Jepang, yang mengecualikan komponen makanan dan energi yang bergejolak dari indeks harga konsumen, naik 3,1% pada tahun 2023, menandai kenaikan terbesar sejak 1982. Inflasi mengikis daya beli mata uang fiat dan mengkatalisasi investasi ke aset alternatif dengan daya tarik sebagai penyimpan nilai seperti Bitcoin dan emas.

Yen terdepresiasi 13% dan 7,5% terhadap dolar dan turun 6,4% lagi tahun ini. Bitcoin dapat terus diperdagangkan pada premi dalam yen Jepang kecuali jika Bank of Japan mempercepat rencana keluar dari kebijakan moneter yang sangat mudah, membuatnya relatif menarik untuk menahan yen daripada aset lainnya.

Pertumbuhan Aset Alternatif di Jepang

Perlu dicatat bahwa Jepang, Hong Kong, dan Singapura dikenal memiliki kejelasan hukum yang lebih baik mengenai perdagangan aset digital daripada pasar crypto maju lainnya. Hal itu, ditambah dengan volatilitas mata uang fiat yang terus-menerus, dapat mendorong pertumbuhan aset alternatif seperti mata uang crypto di wilayah tersebut.

Penutup

Kenaikan Bitcoin baru-baru ini terhadap yen Jepang mencerminkan tekanan pada mata uang fiat Jepang. Yen telah terdepresiasi secara signifikan terhadap dolar AS dan mata uang lainnya, dan inflasi yang meningkat di Jepang semakin memperburuk situasi. Bitcoin, di sisi lain, telah mengalami kenaikan harga yang kuat, dan sekarang diperdagangkan pada rekor tertinggi terhadap yen Jepang.

Baca Juga: Klaytn dan Finschia Resmi Merger, Lahirkan Ekosistem Web3 Terbesar di Asia

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi