Bitcoin Meroket Capai $62.000, Waspada Koreksi?

Bitcoin Meroket Capai $62.000, Waspada Koreksi?

Harga Bitcoin kembali menunjukkan performa yang mengesankan dengan mendekati rekor tertinggi sebelumnya. Namun, salah satu pendiri Matrixport, Daniel Yan, memberikan peringatan agar tetap waspada karena potensi koreksi harga sebesar 15% mungkin terjadi pada bulan April mendatang.

Bitcoin Sentuh $62.000, Waspada Koreksi!

bitcoin all time high
TradingView

Daniel Yan, salah satu pendiri Matrixport, memperingatkan bahwa pasar crypto mungkin mengalami koreksi hingga 15% pada bulan April mendatang.

Baca Juga: Aplikasi Pembayaran Bitcoin Strike Siap Meluncur di Afrika!

Hal ini didasarkan pada pengamatannya terhadap euforia pasar saat ini, di mana total kapitalisasi pasar crypto telah melampaui $2,3 triliun dengan kenaikan lebih dari 6% dalam satu hari. Yan menyarankan agar investor berhati-hati menjelang bulan Maret, yang secara historis merupakan bulan yang tidak menentu bagi mata uang crypto.

Spot Bitcoin ETF Dorong Harga Bitcoin

Spot Bitcoin ETF Dorong Harga Bitcoin
Farside Investors

Peningkatan harga Bitcoin baru-baru ini sebagian besar dikaitkan dengan permintaan yang tinggi terhadap spot Bitcoin ETF. Menurut SoSoValue, spot Bitcoin ETF mengalami arus masuk bersih sebesar $576 juta pada tanggal 27 Februari, dengan produk IBIT milik BlackRock mencatat rekor tertinggi $520 juta dalam arus masuk bersih harian.

Sejak perdagangan resmi dibuka pada tanggal 11 Januari, lebih dari $6,5 miliar telah mengalir ke spot Bitcoin ETF milik BlackRock, dan raksasa Wall Street ini memegang lebih dari $8 miliar dalam BTC dengan penyimpanan Coinbase untuk dana yang diperdagangkan di bursa.

Bitcoin Dekati Rekor Tertinggi

Harga Bitcoin berhasil menembus level $62.000 untuk pertama kalinya sejak akhir tahun 2021. BTC mengalami kenaikan lebih dari 9% dalam 24 jam, mencapai titik tertinggi dalam 28 bulan menjelang peristiwa halving Bitcoin. Sentimen umum mendukung permintaan spot BTC ETF sebagai pendorong utama kenaikan harga Bitcoin.

Waspada Volatilitas Harga

Meskipun harga Bitcoin sedang dalam tren positif, investor harus tetap waspada terhadap volatilitas harga yang tinggi. Pergerakan harga yang cepat dapat menyebabkan likuidasi besar-besaran posisi leverage di pasar crypto.

Menurut data dari Coinglass, selama 24 jam terakhir, posisi short senilai $435 juta telah dilikuidasi dibandingkan dengan $364 juta likuidasi long. Investor crypto harus memantau situasi pasar dengan cermat dan mengelola risiko dengan baik untuk menghindari kerugian yang signifikan.

Panutup

Kenaikan harga Bitcoin yang mengesankan baru-baru ini telah menarik perhatian investor dan analis. Namun, peringatan dari Daniel Yan tentang potensi koreksi harga pada bulan April mendatang menjadi pengingat penting bagi investor untuk tetap berhati-hati dan mengelola risiko dengan baik.

Permintaan yang tinggi terhadap spot Bitcoin ETF menjadi faktor pendorong utama di balik kenaikan harga Bitcoin, tetapi investor harus tetap waspada terhadap volatilitas harga yang tinggi dan memantau situasi pasar dengan cermat.

Baca Juga: Penambang Crypto AS Gugat Pemerintah, Hambat Upaya Pelacakan Penggunaan Listrik

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi