Bitcoin Sempat Turun ke Rp970 Juta, ETF Catat Outflow $500 Juta!

Bitcoin Sempat Turun ke Rp970 Juta, ETF Catat Outflow $500 Juta!

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin (BTC) jatuh hingga menyentuh Rp970 juta pada hari Rabu, 20 Maret 2024, menurut data dari CoinGecko. Mata uang kripto terkemuka ini telah turun 17% dari titik tertinggi sepanjang masa. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Sentimen Pasar Bitcoin Tetap dalam Zona “Greed”

Meskipun terjadi penurunan harga yang signifikan, sentimen pasar Bitcoin masih berada di zona “greed” (keserakahan). Lebih dari $505 juta posisi long telah dilikuidasi dalam 24 jam terakhir.

Penurunan harga Bitcoin ini bertepatan dengan arus keluar terbesar yang pernah tercatat pada Bitcoin exchange-traded funds (ETF). Pada hari Selasa, sebanyak $326,2 juta mengalir keluar dari produk-produk ini. Grayscale’s GBTC tampaknya menjadi pendorong utama penurunan dengan arus keluar yang mengejutkan sebesar $443 juta.

Produk ETF dari BlackRock dan Fidelity mencatat arus masuk yang sangat kecil ($75,2 juta dan $39,6 juta). Padahal, sebelumnya ETF-ETF ini terus memecahkan rekor awal bulan ini, mendorong harga Bitcoin ke titik tertinggi baru sepanjang masa.

Baca Juga: Prediksi Harga Bitcoin: Binance CEO Richard Teng Beri Target $80.000!

Keputusan The Fed yang Akan Datang

keputusan the fed etf
Permintaan untuk ETF Bitcoin Spot AS. Sumber: Bloomberg

Beberapa investor mungkin mengambil sikap wait-and-see menjelang keputusan penting dari Federal Reserve yang akan diumumkan pada hari Rabu. Konsensus pasar tampaknya memperkirakan bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah untuk saat ini, tetapi kekhawatiran tetap ada tentang arah masa depannya.

Inflasi yang membandel dapat mendorong bank sentral untuk menunda pemotongan suku bunga, yang tidak akan menjadi pertanda baik bagi para pelaku pasar.

Investor mungkin tidak mau bertaruh pada Bitcoin menjelang keputusan tersebut, yang bisa menjadi alasan di balik angka ETF yang mengecewakan. Menurut Goldman Sachs, reli mata uang kripto terbaru sebagian besar ditopang oleh investor ritel. Namun, ada juga sejumlah uang institusional yang masuk ke pasar.

Kesimpulan

Penurunan harga Bitcoin baru-baru ini menunjukkan bahwa pasar kripto masih bergejolak dan tidak dapat diprediksi. Investor harus berhati-hati dan mempertimbangkan risiko sebelum berinvestasi dalam mata uang kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi