Bitcoin Runes Mendominasi Transaksi Harian di Jaringan Bitcoin, Menyalip Ordinals dan BRC-20!

author:

Bitcoin Runes Mendominasi Transaksi Harian di Jaringan Bitcoin, Menyalip Ordinals dan BRC-20!

Jakarta, Pintu News – Bitcoin Runes, sebuah protokol inovatif yang dibangun di atas jaringan Bitcoin, telah berhasil mengungguli Bitcoin (BTC) asli, Ordinals, dan token BRC-20 dalam hal jumlah transaksi harian.

Protokol Runes diluncurkan pada tanggal 20 April 2024, bertepatan dengan halving Bitcoin keempat, dan telah disebut-sebut sebagai pembaruan terbesar sejak Ordinals.

Protokol Runes: Sebuah Revolusi dalam Transaksi Bitcoin

Dilansir dari Cointelegraph, data dari Dune Analytics menunjukkan bahwa transaksi yang berhubungan dengan Runes merupakan mayoritas transaksi di jaringan Bitcoin hingga tanggal 24 April.

Baca juga: Setelah 10 Tahun Tertidur, Whale Bitcoin Menggerakkan $43,89 Juta!

Runes mengklaim pangsa transaksi tertinggi, 81,3%, pada tanggal 23 April, mendorong Bitcoin pangsa transaksi turun menjadi 18,15%, dengan transaksi Ordinals dan BRC-20 masing-masing sebesar 0,1%.

Namun, transaksi Runes berkurang secara konsisten selama sembilan hari berikutnya hingga 2 Mei.

Sumber: Dune Analytics

Seperti yang ditunjukkan data di atas, Runes mulai pulih sejak tanggal 3 Mei. Pada hari-hari berikutnya, pada tanggal 4 dan 5 Mei, Runes mendapatkan kembali pangsa transaksinya di atas 60%.

Protokol Runes Kumpulkan 2.253 BTC

Meskipun peningkatan pesat dalam jumlah transaksi secara tidak sengaja meningkatkan biaya jaringan, hal ini sering kali menguntungkan para penambang Bitcoin.

Protokol Runes mengumpulkan 2.253 BTC dalam bentuk biaya untuk komunitas penambang dalam 16 hari.

Baca juga: Turun Drastis! Pendapatan Penambangan Bitcoin Anjlok Setelah Halving

Sumber: Dune Analytics

Komunitas penambang menyambut baik kenaikan biaya karena pendapatan mereka turun secara signifikan setelah Bitcoin turun separuhnya. Pada bulan Mei 2024, total pendapatan penambang Bitcoin turun menjadi di bawah $30 juta per hari.

Untuk mempertahankan profitabilitas, para penambang terpaksa meningkatkan teknologi mereka saat ini dengan rig penambangan yang sangat efisien untuk mengurangi biaya operasional dan meningkatkan kinerja serta profitabilitas.

Perusahaan penambang Bitcoin, Bitfarms, mengalokasikan $240 juta untuk peningkatannya, yang pada akhirnya akan melipatgandakan tingkat hash menjadi 21 exahash per detik.

Selain itu, Bitfarms menjual hampir semua Bitcoin yang ditambangnya selama dua bulan terakhir karena terus berinvestasi untuk mengembangkan armada penambangannya.

Secara keseluruhan, peluncuran Runes telah secara signifikan mengubah lanskap bagaimana aset digital dibuat dan dipertukarkan di jaringan Bitcoin.

Dengan pendekatan inovatifnya terhadap penerbitan dan transfer token, Runes siap mendominasi transaksi harian di jaringan Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: XVerse