Bitcoin di Persimpangan Jalan: Antara Risiko Penurunan dan Potensi Pemulihan

Bitcoin di Persimpangan Jalan: Antara Risiko Penurunan dan Potensi Pemulihan

Bitcoin saat ini menghadapi risiko penurunan di bawah level kritis $40.000. Penjualan Bitcoin yang berkelanjutan oleh Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) telah menambah tekanan pada harga Bitcoin.

Pada tanggal 22 Januari, GBTC mengalami outflow sebesar 19.250 BTC, senilai sekitar $785 juta, menurut data dari Arkham Intelligence. Analis ETF dari Bloomberg Intelligence, Eric Balchunas, memperingatkan bahwa penjualan ini mungkin terlalu besar untuk diserap oleh pemain ETF lainnya.

Situasi ini menunjukkan bahwa Bitcoin masih sangat sensitif terhadap berita terkait ETF, terutama yang berasal dari entitas besar seperti BlackRock. Perubahan kecil dalam ETF atau kebijakan terkait dapat memicu fluktuasi harga yang signifikan.

Prediksi Harga Bitcoin: $40.000 dalam Jangkauan?

Di sisi lain, ada prediksi yang lebih optimis tentang harga Bitcoin. David Lo, Kepala Financial Logics di Bybit, memperkirakan bahwa Bitcoin bisa mencapai $40.000 pada kuartal keempat tahun ini. Faktor-faktor seperti hype seputar ETF spot Bitcoin dan konsolidasi trader disebut-sebut sebagai pendorong pertumbuhan harga Bitcoin.

Baca Juga: Bitcoin dalam Pusaran Pasar: Analisis Teknikal Mengungkap Tantangan dan Ketahanan

Lo juga menyatakan bahwa Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan kembali ke lingkungan perdagangan yang lebih volatil dan normal. Hal ini terjadi setelah kekhawatiran tentang inflasi yang lebih tinggi dan ketegangan geopolitik global.

Dengan Bitcoin halving yang dijadwalkan pada April 2024, ada potensi untuk kenaikan harga, meskipun ada ketidakpastian dalam proses persetujuan ETF spot Bitcoin dan potensi penjualan dari pemegang GBTC.

Kesimpulan: Navigasi di Tengah Ketidakpastian

Situasi saat ini menunjukkan bahwa pasar Bitcoin berada di persimpangan jalan. Di satu sisi, ada tekanan penjualan yang signifikan yang bisa menurunkan harga di bawah $40.000. Di sisi lain, ada faktor-faktor yang bisa mendorong harga Bitcoin kembali ke atas $40.000.

Investor dan trader harus waspada terhadap berbagai faktor ini dan siap untuk menyesuaikan strategi mereka sesuai dengan perkembangan pasar.

Pasar Bitcoin terus menunjukkan kompleksitas dan volatilitas yang tinggi. Bagi investor crypto, ini berarti harus selalu siap menghadapi perubahan dan menyesuaikan strategi mereka sesuai dengan kondisi pasar terkini.

Baca Juga: Bitcoin dalam Pusaran Pasar: Analisis Teknikal Mengungkap Tantangan dan Ketahanan

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: