BTC Naik 8% dalam 7 Hari, Antusiasme Investor Mendorong Volume Perdagangan ke Rekor Tahunan!

BTC Naik 8% dalam 7 Hari, Antusiasme Investor Mendorong Volume Perdagangan ke Rekor Tahunan!

Dengan meningkatnya minat investor ritel, volume perdagangan spot Bitcoin di bursa terpusat mencapai rekor tertinggi dalam setahun terakhir. Peningkatan drastis ini menandakan bahwa semakin banyak investor yang tertarik pada mata uang digital pertama di dunia ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Volume Perdagangan Spot Bitcoin Mencatatkan Rekor Tahunan

volume perdagangan spot btc
Sumber: Akun X Mallika Kolar

Volume perdagangan spot Bitcoin di bursa terpusat mencatat hari terbaiknya selama setahun terakhir pada 5 Maret, dengan total volume harian sebesar $46,26 miliar. Hal ini menunjukkan bahwa investor ritel mulai membeli Bitcoin dengan jumlah yang lebih besar.

Setelah mencapai rekor tahunan, volume perdagangan spot Bitcoin menurun menjadi $31,32 miliar pada 6 Maret, dengan Binance menyumbang lebih dari 74%, atau $18 miliar, dari volume harian tersebut. Ini menandai peningkatan hampir 680% dalam volume perdagangan sejak awal tahun, menurut Mallika Kollar, associate peneliti kuantitatif di Bitwise.

Baca Juga: Bitcoin Berpotensi Meroket ke $200.000 di Tahun 2025? Ini Prediksinya!

ETF Bitcoin Menyentuh Rekor Baru

rekor baru etf btc
Jumlah alamat Bitcoin yang bernilai $10 atau lebih. Sumber: Glassnode

Volume perdagangan harian untuk ETF Bitcoin spot di AS juga mencapai rekor baru $10 miliar pada 5 Maret, mengalahkan rekor sebelumnya sebesar $7,7 miliar. Ini menunjukkan bahwa volume perdagangan yang meningkat di bursa dan ETF telah mendorong harga Bitcoin ke rekor baru di atas $69.200 pada 5 Maret.

Selain itu, minat ritel di Korea Selatan juga meningkat, di mana harga Bitcoin mencapai setinggi $72.000 pada 5 Maret di Upbit, bursa crypto terbesar di negara tersebut. Perbedaan harga ini dikenal sebagai premi Kimchi, dan telah mengikuti tren kenaikan bersama dengan harga BTC sejak awal Februari.

Baca Juga: Prediksi DeFi 2024: Akankah Menjadi Salah Satu Tahun Terbaik?

Partisipasi Investor Ritel Meningkat

Jumlah alamat Bitcoin dengan nilai setidaknya $10 mencapai rekor baru lebih dari 35 juta pada 6 Maret, menunjukkan peningkatan partisipasi investor ritel. Trend pencarian online untuk Bitcoin juga tetap tinggi, dengan pencarian global rata-rata 80 antara 3 dan 9 Maret, naik lebih dari 31% dari tahun sebelumnya.

Jumlah transfer Bitcoin ke Coinbase, bursa terbesar di AS, juga meningkat mendekati rekor tertinggi tahun 2022. Ini menunjukkan bahwa investor mungkin memposisikan diri untuk mengambil keuntungan pada tingkat harga saat ini, meskipun lonjakan serupa tidak hanya terjadi selama puncak pasar bullish, seperti yang terlihat pada 2016-2017.

Bitcoin terus menunjukkan ketahanannya di pasar, dengan target $150.000 untuk tahun 2024 semakin mendekat. Dengan ETF Bitcoin yang mengalami aliran masuk harian rata-rata sebesar $500 juta, permintaan yang berkelanjutan ini dapat mendorong lonjakan Bitcoin untuk terus berlanjut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: