Bitcoin Mendekati Puncak Keuntungan Sepanjang Masa: 91% Pasokan Kini Menguntungkan!

author:

Bitcoin Mendekati Puncak Keuntungan Sepanjang Masa: 91% Pasokan Kini Menguntungkan!

Dalam dunia crypto, Bitcoin kembali menjadi sorotan dengan hampir 91% dari pasokannya kini berada dalam zona keuntungan. Fenomena ini terjadi di tengah harapan tinggi akan persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC, yang telah mendorong harga Bitcoin melampaui $46.000.

Kenaikan Harga Bitcoin Mendorong Pasokan ke Zona Keuntungan

Hampir 90% dari pasokan Bitcoin yang dipegang saat ini berada dalam keuntungan karena harga telah melonjak melewati $46.000. Kenaikan ini terjadi di tengah antisipasi persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC di Amerika Serikat, menurut data dari CryptoQuant. Ini merupakan peningkatan signifikan dari hanya di bawah 50% di awal tahun lalu.

keuntungan bitcoin
Sumber: CryptoQuant

Bitcoin mengalami kenaikan hampir 160% pada tahun 2023 dan telah mendapatkan 50% dalam enam bulan terakhir, sebagian besar karena antisipasi persetujuan ETF oleh SEC. Lonjakan harga ini telah membawa banyak investor jangka panjang, atau HODLers, ke dalam zona keuntungan.

El Salvador, misalnya, baru-baru ini melaporkan keuntungan $13 juta dari investasi Bitcoin mereka berkat reli ini.

Risiko Penurunan Harga dan Antisipasi Pasar

Meskipun ada kenaikan yang signifikan, analis CryptoQuant memperingatkan dalam laporan terbaru mereka bahwa keuntungan yang belum direalisasi yang tinggi di antara pemegang Bitcoin meningkatkan risiko penurunan harga yang tajam. Permintaan yang meningkat untuk Grayscale Bitcoin Trust (GBTC), yang telah mengajukan persetujuan untuk dikonversi menjadi ETF, menunjukkan antisipasi kuat untuk persetujuan ETF spot.

CryptoQuant menjelaskan bahwa jika Bitcoin mencapai $48.500, harga unit rata-rata bagi mereka yang memegang crypto selama 2-3 tahun, koreksi pasar kemungkinan akan terjadi, dengan potensi level support di $34.000 dan $30.000.

Koreksi sering dianggap sebagai penurunan antara 10% hingga 20%. Titik resistensi berikutnya untuk Bitcoin, menggunakan metrik valuasi jaringan yang dikenal sebagai pita Metcalfe, adalah di $55.000.

Baca juga: ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO) Melampaui Aset $2 Miliar!

Dampak pada Investor dan Pasar Crypto

crypto investasi jangka menengah dan pendek 2024
Generated by AI

Kondisi pasar saat ini menunjukkan bahwa investor crypto harus tetap waspada terhadap fluktuasi harga yang mungkin terjadi. Meskipun ada prospek yang menggembirakan, penting untuk diingat bahwa pasar crypto tetap sangat volatil dan dapat berubah dengan cepat. Investor disarankan untuk melakukan riset pasar yang cermat sebelum membuat keputusan investasi.

Keadaan ini juga menyoroti pentingnya diversifikasi dalam investasi crypto dan pentingnya memahami dinamika pasar sebelum terjun ke dalamnya. Dengan hampir 91% pasokan Bitcoin kini berada dalam zona keuntungan, pasar mungkin melihat lebih banyak aktivitas dan minat dari investor baru dan lama.

Era baru telah tiba di dunia crypto dengan Bitcoin mendekati puncak keuntungan sepanjang masa. Ini bukan hanya kabar baik bagi investor saat ini, tetapi juga sinyal positif bagi masa depan crypto, menunjukkan potensi pertumbuhan dan stabilitas yang lebih besar dalam jangka panjang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: