Tahun ke-13 Bitcoin Pizza Day, Ketahui Sejarah dan Perjalanan Panjang Bitcoin!

Tahun ke-13 Bitcoin Pizza Day, Ketahui Sejarah dan Perjalanan Panjang Bitcoin!

Bitcoin Pizza Day atau Hari Pizza Bitcoin, perayaan yang dipandang oleh banyak orang sebagai tonggak sejarah bagi Bitcoin, menjadi fenomena tahunan yang dinantikan oleh banyak pengguna crypto. Ketahui perjalanan panjang Bitcoin dari transaksi pizza pertama hingga menjadi aset digital berharga yang kita kenal sekarang. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Awal Mula Kisah Pizza Bitcoin

Dilansir dari U Today, pada 22 Mei 2010, seorang pria bernama Laszlo Hanyecz melakukan pembelian yang sekarang menjadi legenda dalam sejarah Bitcoin. Dia membeli dua pizza seharga 10.000 Bitcoin, yang pada saat itu harganya sangat rendah. Transaksi ini adalah pembelian pertama yang menggunakan Bitcoin sebagai alat pembayaran, dan kemudian menjadi simbol penting dari legitimasi Bitcoin di mata dunia.

Hanyecz menawarkan 10.000 Bitcoin kepada siapa saja yang bersedia membawakan pizza ke rumahnya. Setelah ditanggapi oleh seorang pengguna forum Bitcoin, Hanyecz berhasil melakukan pembelian pizza dengan Bitcoin. Pada saat itu, nilai Bitcoin sangat rendah, dan ide bahwa Bitcoin bisa digunakan untuk transaksi sehari-hari tampaknya masih belum terlihat.

Namun, transaksi tersebut menjadi tonggak sejarah yang membedakan Bitcoin dari sekedar eksperimen digital menjadi alat pembayaran nyata. Momen ini diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 Mei, yang sekarang dikenal sebagai Hari Pizza Bitcoin atau Bitcoin Pizza Day.

Baca Juga: Harga Bitcoin Tahun 2010 Bikin Kaget! 10.000 BTC Cuma Dapat 2 Pizza!

Perkembangan Nilai Bitcoin dari 2010 hingga 2023

harga bitcoin 2010 - 2023
Sumber: Market Pintu

Sejak pembelian pizza legendaris tersebut, nilai Bitcoin telah meningkat secara dramatis. Pada tahun 2010, 10.000 Bitcoin harganya tidak lebih dari $40, tetapi pada tahun 2023, nilai yang sama bisa mencapai puluhan miliar rupiah. Peningkatan nilai ini menunjukkan bagaimana Bitcoin telah berkembang dari mata uang digital yang belum banyak dikenal menjadi aset digital berharga yang diterima secara global.

Pada tahun 2011, satu tahun setelah pembelian pizza pertama dengan Bitcoin, nilai Bitcoin telah naik hingga mencapai $1 per koin. Lalu pada tahun 2013, Bitcoin mengalami lonjakan nilai yang signifikan, dengan harga mencapai $100 per koin. Dan kini, pada tahun 2023, harga Bitcoin telah mencapai level yang tak terbayangkan pada awal peluncurannya, menjadikan pizza yang dibeli oleh Hanyecz sebagai pizza termahal di dunia.

Perayaan Hari Pizza Bitcoin menjadi peringatan akan peningkatan nilai Bitcoin ini. Setiap tahunnya, komunitas crypto dari seluruh dunia merayakan Bitcoin Pizza Day dengan berbagai acara dan promosi, memperingati transaksi pertama yang membuka jalan bagi Bitcoin dan cryptocurrency lainnya.

Baca Juga: Hanya 50.000 Blok Lagi Menuju ‘Halving’ Bitcoin, Saatnya Harga Bitcoin Melambung?

Pentingnya Bitcoin Pizza Day

sejarah bitcoin pizza day
Sumber: The Statesman

Hari Pizza Bitcoin bukan hanya tentang merayakan transaksi pizza, tetapi juga tentang menghargai perkembangan dan legitimasi Bitcoin sebagai aset digital. Dilansir dari Coinpedia, hari ini mengingatkan kita bahwa Bitcoin telah berkembang dari hanya menjadi gagasan menjadi sebuah revolusi dalam dunia keuangan digital.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bitcoin telah membuktikan dirinya sebagai alat pembayaran yang valid di seluruh dunia. Dengan meningkatnya penerimaan dan adopsi Bitcoin, kita dapat melihat bagaimana transaksi pizza yang tampaknya sepele telah membuka jalan bagi revolusi digital yang lebih besar.

Bahkan sekarang, di tengah naik turunnya harga Bitcoin, peringatan Bitcoin Pizza Day tetap menjadi simbol dari asal mula dan potensi masa depan Bitcoin.

Referensi: