Bitcoin Cetak Rekor Pertumbuhan Tahunan Tertinggi Sejak 2020: Apa yang Terjadi?

author:

Bitcoin Cetak Rekor Pertumbuhan Tahunan Tertinggi Sejak 2020: Apa yang Terjadi?

Bitcoin (BTC) sedang dalam jalur menciptakan sejarah, dengan pertumbuhan persentase harga terbaik sejak tahun 2020.

Data dari Cryptorank menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan Bitcoin tahun ini mencapai 156,9%, meskipun harga koin saat ini mengalami penurunan 1,57% dalam 24 jam terakhir.

Pada 29 Desember 2023, harga pasar Bitcoin berada di $42.482,04 dengan kapitalisasi pasar sebesar $831.858.825.448.

Tren Pertumbuhan Harga Bitcoin

Pengembalian Tahunan BTC – Sumber: Cryptorank

Menurut laporan Crypto Basic, Bitcoin telah mencatat pertumbuhan total lebih dari 64.667,31% dari All-Time Low-nya yang tercatat sebesar $65,53 pada 5 Juli 2013.

Baca juga: Harga Bitcoin (BTC) akan Tembus Rp773 Juta pada Januari 2024, Simak Prediksinya!

Selama lima tahun terakhir, Bitcoin telah mencatat tren pertumbuhan yang bergantian. Pada tahun 2018, Bitcoin mengakhiri tahun dengan penurunan valuasi sebesar 73,3%, sebuah penurunan yang dianggap sebagai koreksi yang menyertai lonjakan 1.369% pada tahun 2017.

Tren pertumbuhan bullish kembali pada tahun 2019 ketika BTC mengakhiri tahun dengan kenaikan sebesar 90,9%, peningkatan yang diikuti dengan kenaikan yang lebih besar lagi sebesar 304,1% pada tahun 2020 ketika koin tersebut mencapai harga tertinggi tahunannya sebesar $29.282.

Pada tahun 2021, ketika Bitcoin mencatat harga tertinggi sepanjang masa (ATH), akhirnya mengakhiri tahun dengan tingkat pertumbuhan yang lebih moderat sebesar 59,6% sementara mengalami penurunan sebesar 64,3% pada tahun 2022 ketika musim dingin crypto yang ditakuti kembali muncul.

Tingkat pertumbuhan sebesar 157,1% untuk tahun ini adalah bukti bahwa koin utama ini dapat kembali sejalan dengan rekor historisnya meskipun ada ketidakpastian pasar.

ETF Bitcoin dan Katalis Halving

bitcoin etf
Sumber: U Today

Meskipun tingkat pertumbuhan 157% Bitcoin mungkin lebih rendah dibandingkan dengan beberapa tahun luar biasa, kemungkinan koreksi pada tahun mendatang tidak dapat diabaikan.

Dua peristiwa kunci yang mungkin mencegah koreksi ini pada tahun 2024 adalah persetujuan potensial produk Exchange Traded Fund (ETF) Bitcoin spot oleh SEC AS dan peristiwa halving Bitcoin yang akan datang.

Baca juga: BitMex Memprediksi ETF Bitcoin Spot Dapat Melampaui Pasar ETP Crypto Senilai $50 Miliar!

Potensi Dampak pada Pasar

Jika kedua peristiwa ini terjadi tahun depan seperti yang diperkirakan, hal ini akan mengakibatkan kelangkaan Bitcoin melalui halving dan permintaan yang meningkat melalui kehadiran dana lindung nilai besar di industri yang menawarkan produk ETF Bitcoin spot.

Pertumbuhan 157,1% untuk tahun ini adalah bukti bahwa koin utama dapat kembali sejalan dengan rekor historisnya meskipun ada ketidakpastian pasar.

Secara keseluruhan, pertumbuhan tahunan Bitcoin yang mencapai 157,1% menunjukkan bahwa mata uang digital utama ini masih memiliki potensi besar untuk berkembang, meskipun dihadapkan pada ketidakpastian pasar.

Dengan peristiwa penting seperti persetujuan ETF Bitcoin dan halving yang akan datang, Bitcoin mungkin akan melanjutkan tren pertumbuhannya yang mengesankan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: