Bitcoin Melampaui Rekor Baru, Apakah Ini Awal dari Revolusi Digital?

Bitcoin Melampaui Rekor Baru, Apakah Ini Awal dari Revolusi Digital?

Bitcoin kembali membuat sejarah dengan menembus angka $72.000, mencatatkan rekor tertinggi baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Fenomena ini tidak hanya mengejutkan pasar keuangan global tetapi juga menandai babak baru dalam evolusi mata uang digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Rekor Baru yang Mengejutkan

Bitcoin, sering disebut sebagai “emas digital,” baru-baru ini melampaui kapitalisasi pasar perak saat harganya melewati $71.000, mencapai puncak baru di $72.750,16. Kenaikan ini merupakan kelanjutan dari tren positif yang telah dimulai sejak awal Maret, dengan Bitcoin pertama kali menembus $70.000 pada Jumat sore.

Kenaikan harga Bitcoin ini terjadi di tengah antisipasi yang meningkat terhadap persetujuan ETF Bitcoin spot, yang telah berhasil melampaui beberapa perusahaan besar seperti Tesla dan Meta dalam beberapa bulan terakhir. Dengan kapitalisasi pasar sekarang mencapai $1,4 triliun, Bitcoin telah menjadi aset terbesar kedelapan, hanya tertinggal dari raksasa teknologi dan industri seperti Microsoft, Apple, dan Amazon.

Baca Juga: Kenaikan Dramatis Crypto Gaming: GALA dan PIXELS Meroket Puluhan Persen!

Faktor Pendorong di Balik Lonjakan

pola historis bitcoin halving
Sumber: One Trading

Salah satu alasan utama di balik reli harga bullish ini adalah halving Bitcoin yang mendekat, yang diperkirakan akan terjadi sekitar 35 hari lagi, pada 15 April. Halving ini akan mengurangi hadiah yang diberikan kepada penambang Bitcoin untuk memproses blok baru di jaringan, dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC.

Selain itu, Ethereum juga mencapai tonggak penting dengan kembali menembus $4.000, pertama kali sejak 2021, didorong sebagian oleh kenaikan Bitcoin. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh ekosistem crypto sedang dalam fase bullish, dengan investor dan pengembang sama-sama optimis tentang masa depan teknologi blockchain dan mata uang digital.

Baca Juga: BTC Tembus Rp1,1 Miliar, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (12/3/24)?

Dampak Global dan Prospek Masa Depan

Pengumuman dari Otoritas Perilaku Keuangan (FCA) Inggris yang membuka pintu untuk produk perdagangan crypto seperti ETN yang terkait dengan Bitcoin dan Ethereum di bursa saham Inggris menandakan penerimaan institusional yang meningkat terhadap crypto. Ini diharapkan akan membawa lebih banyak investasi institusional ke dalam Bitcoin dan mata uang digital lainnya, berpotensi mendorong harga lebih tinggi.

Kenaikan harga Bitcoin ini tidak hanya menunjukkan kekuatan dan ketahanan mata uang digital ini tetapi juga menyoroti pergeseran paradigma dalam cara orang melihat dan berinvestasi dalam aset digital. Dengan lebih banyak negara dan regulator yang mulai mengakui potensi crypto, masa depan industri ini tampak cerah.

Dengan rekor baru yang terus dipecahkan, Bitcoin dan mata uang digital lainnya semakin menegaskan posisinya sebagai aset keuangan yang tidak dapat diabaikan. Apakah ini awal dari revolusi digital yang akan mengubah wajah keuangan global? Hanya waktu yang akan menjawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: