Bitcoin Pecahkan Rekor Baru: Arus Masuk ETF Crypto Capai $2,7 Miliar dalam Seminggu!

author:

Bitcoin Pecahkan Rekor Baru: Arus Masuk ETF Crypto Capai $2,7 Miliar dalam Seminggu!

Dalam sebuah gejolak pasar yang mengejutkan, harga Bitcoin telah melonjak, mencapai rekor tertinggi baru di atas $72.000.

Lonjakan ini didorong oleh arus masuk mingguan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke dalam produk bursa perdagangan crypto (ETP), mencatatkan $2,7 miliar dalam satu minggu saja.

Arus Masuk Rekor ke ETP Crypto

Menurut postingan 11 Maret 2024 dari analis CoinShares, James Butterfill, produk investasi kripto menghasilkan arus masuk senilai $ 2.7 miliar pada 8 Maret.

Baca juga: Bitcoin Capai ATH Baru, Tapi Dompet ‘Miliarder’ Baru Masih Tertinggal

ETP kripto hingga saat ini telah menghasilkan arus masuk senilai $ 10.3 miliar, yang hampir setara dengan total arus masuk senilai $ 10.6 miliar yang disaksikan oleh ETP kripto sepanjang tahun 2021.

Bitcoin menyumbang bagian terbesar dari angka ini, dengan arus masuk sebesar $ 2.6 miliar hingga saat ini dan saat ini mewakili 14% dari total aset yang dikelola terkait kripto (AUM) di seluruh dunia.

Dampak ETF Bitcoin Spot

Lonjakan arus masuk ke ETP crypto ini didorong secara signifikan oleh investasi yang tumbuh ke dalam ETF Bitcoin spot yang baru disetujui di Amerika Serikat. ETF ini telah melihat lebih dari $110 miliar volume total yang diperdagangkan sejak diluncurkan pada tanggal 11 Januari.

Sumber: X

Analisis ETF dari Bloomberg, James Seyffart, mencatat bahwa total lima ETF Bitcoin spot AS kini memiliki lebih dari $2 miliar AUM, dengan dana BITB dari manajer aset crypto-native Bitwise menjadi tambahan terbaru dalam klub ini.

Hal ini menandakan pertumbuhan signifikan dan penerimaan luas terhadap produk keuangan yang terkait dengan crypto.

Baca juga: El Salvador Raup Untung $85 Juta dari Investasi Bitcoin!

Prospek dan Dukungan Regulasi

Analisis pasar dari IG, Tony Sycamore, memprediksi bahwa reli saat ini bisa mendorong harga Bitcoin menuju $80.000 dalam beberapa bulan mendatang, menambahkan bahwa aset crypto ini akan “didukung dengan baik” pada setiap penurunan potensial.

Selain itu, penerimaan Bitcoin dan Ether exchange-traded notes oleh Bursa Saham London, serta kesiapan Otoritas Perilaku Keuangan Inggris untuk menerima produk keuangan terkait crypto baru, menandakan pergeseran regulasi yang signifikan.

Hal tersebut tidak hanya mencerminkan niat London untuk tetap menjadi pemain kunci di dunia keuangan tetapi juga menandakan penerimaan dan institusionalisasi cryptocurrency yang lebih luas.

Dengan penerimaan regulasi crypto yang meningkat secara internasional, peristiwa halving yang akan datang, dan pertumbuhan berkelanjutan dari arus masuk ETF Bitcoin, kita mungkin sedang memasuki era pertumbuhan dan adopsi mainstream baru untuk cryptocurrency.

Faktor-faktor ini kemungkinan akan mempertahankan reli dan mendorong lanskap investasi yang lebih kuat dan beragam untuk aset digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: