Whale Bitcoin Beli 47 Ribu BTC dalam Sehari, Era Baru Dimulai?

Whale Bitcoin Beli 47 Ribu BTC dalam Sehari, Era Baru Dimulai?

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin (BTC) sempat anjlok minggu ini, tetapi paus-paus besar justru memanfaatkan momen tersebut untuk membeli Bitcoin dalam jumlah besar. Menurut data dari CEO CryptoQuant, Ki Young Ju, paus-paus Bitcoin yang aktif telah mengakumulasi 47.000 BTC dalam waktu 24 jam setelah harga Bitcoin turun di bawah $57.000 per koin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Paus Bitcoin Membeli Saat Harga Turun

whale btc akumulasi
Sumber: Akun X Ki Young Ju

Alamat paus Bitcoin yang aktif didefinisikan sebagai alamat yang memiliki setidaknya 100 BTC dan telah melakukan aktivitas on-chain dalam sehari terakhir. Ki Young Ju mengatakan bahwa saldo tersebut tidak termasuk bursa terpusat dan penambang Bitcoin, tetapi termasuk beberapa kustodian Bitcoin seperti penyedia ETF Bitcoin.

“Kita memasuki era baru,” tulis Ki Young Ju di Twitter mengenai data tersebut. Meskipun saldo paus telah meningkat secara signifikan sejak ETF spot Bitcoin disetujui di Amerika Serikat tahun ini, eksekutif tersebut mengatakan lonjakan saldo minggu ini “tidak terkait dengan ETF.”

Baca Juga: Whale Bitcoin Meningkatkan Kepemilikan BTC Mereka Sebesar $3 Miliar pada Tahun 2024!

Interpretasi Data

Menurut analis TXMCtrades, peningkatan saldo alamat paus sebenarnya mungkin tidak mewakili paus yang mengakumulasi koin, tetapi menunjukkan “arus manajemen dompet yang tidak berbahaya” di antara entitas yang lebih besar.

Data ETF Bitcoin menunjukkan bahwa Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) memiliki arus masuk bersih pada hari Jumat untuk pertama kalinya sejak diluncurkan sebagai ETF spot Bitcoin, yang mungkin menandakan hari arus masuk kuat pertama untuk ETF Bitcoin secara keseluruhan dalam hampir sebulan.

Baca Juga: Whale Bitcoin Terkaya Pindahkan $6 Miliar BTC: Gelombang Baru di Pasar Crypto?

Dapatkah Harga BTC Tutup di Atas $60.000 Minggu Ini?

harga btc minggu ini
Sumber: Akun X Rekt Capital

Penurunan Bitcoin baru-baru ini hanyalah “sumbu penurunan,” dan penutupan mingguan di atas $60.000 dapat mengkonfirmasi level psikologis tersebut sebagai support baru, menurut analis Bitcoin populer Rekt Capital. Berdasarkan pola grafik historis, Bitcoin dapat tetap berada di “zona bahaya” pasca-halving selama seminggu lagi, menurut Rekt Capital.

The Fed yang dovish juga dapat membantu Bitcoin mendapatkan lebih banyak momentum kenaikan, menurut İsa Sertkaya, kepala teknologi Silent Protocol. Pedagang Bitcoin harus terus mengawasi level $60.000. Pergerakan di bawah level tersebut akan melikuidasi lebih dari $700 juta posisi long leverage di semua bursa, menurut Coinglass.

Kesimpulan

Pergerakan harga Bitcoin yang sempat turun di bawah $60.000 ternyata menjadi peluang “beli saat turun” bagi para paus. Akumulasi besar-besaran Bitcoin oleh paus menunjukkan kepercayaan yang meningkat terhadap lintasan masa depan mata uang kripto di antara investor institusional atau entitas dengan kekayaan bersih tinggi. Apakah harga Bitcoin dapat ditutup di atas $60.000 minggu ini masih harus dilihat, karena pasar kripto tetap bergejolak dan tidak dapat diprediksi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi