Sempat Cuan, Kini Bitcoin Ordinals Mengalami Penurunan, Ada Apa?

author:

Sempat Cuan, Kini Bitcoin Ordinals Mengalami Penurunan, Ada Apa?

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan dunia crypto, volume perdagangan untuk NFT Bitcoin Ordinals telah mengalami penurunan drastis sebesar 98% sejak Mei 2023. Laporan dari DappRadar dan Cointelegraph baru-baru ini mengungkapkan bahwa fenomena yang terjadi menunjukkan penurunan keterlibatan pengguna yang signifikan.

Penurunan Volume Perdagangan yang Drastis

bitcoin ordinals
Volume perdagangan biasa dan jumlah penjualan. Sumber: DappRadar.

Menurut laporan yang dirilis oleh DappRadar pada 17 Agustus 2023, volume penjualan keseluruhan Bitcoin Ordinals telah turun dari $452 juta pada Mei 2023 menjadi kurang dari $3 juta pada 14 Agustus 2023.

Baca juga: Revolusi Bitcoin Dimulai: Bitcoin Frontier Fund Luncurkan Program Akselerator Ordinals!

Selain itu, jumlah transaksi juga mengalami penurunan yang hampir sama, menjadi 20,571 selama periode tersebut. Lebih lanjut, laporan tersebut menyatakan,

“Penurunan tajam dalam volume penjualan dan jumlah dalam periode singkat ini mengkhawatirkan bagi Bitcoin Ordinals. Penurunan jumlah penjualan menunjukkan antusiasme atau mungkin kepercayaan yang berkurang pada NFT Bitcoin.”

Apakah Ini Hanya Kendala Sementara?

penurunan bitcoin ordinals
Sumber: Twitter

Meskipun situasinya tampak suram untuk pasar Ordinals, DappRadar menekankan bahwa lebih banyak waktu diperlukan untuk menentukan apakah ini adalah “kendala sementara” atau “masalah sistemik dari NFT berbasis Bitcoin”.

Penurunan ini terjadi setelah kuartal kedua yang penuh dengan hype untuk Bitcoin Ordinals, yang melihat volume perdagangan dan aktivitas pengguna melonjak dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2023.

DappRadar menyarankan bahwa masalah utama seputar keberlanjutan Ordinals adalah bahwa komunitas Bitcoin terpecah belah tentang apakah NFT harus ada di jaringan atau tidak, yang bukan masalah bagi Ethereum dan blockchain lainnya.

Baca juga: McDonald’s Luncurkan NFT Grimace Eksklusif Secara Gratis!

Masa Depan NFT di Jaringan Bitcoin

Ada suara dalam komunitas yang melihat Bitcoin terutama sebagai “emas digital”, menunjukkan bahwa fungsinya utama harus tetap sebagai penyimpan nilai. Di sisi lain, Ethereum sering disebut sebagai “minyak digital”, menunjukkan perannya dalam memicu ekonomi digital.

“Bulan-bulan mendatang akan sangat penting dalam menentukan apakah Bitcoin menemukan pijakan di lanskap NFT yang terus berkembang atau kembali ke perannya utama sebagai penyimpan nilai,” menurut laporan tersebut.

Dengan penurunan volume perdagangan yang signifikan dan perdebatan yang sedang berlangsung di komunitas Bitcoin mengenai peran NFT, masa depan Bitcoin Ordinals masih belum pasti. Namun, satu hal yang pasti, dunia crypto akan terus mengawasi perkembangan ini dengan penuh ketertarikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: