Bitcoin Ordinals Diyakini Berdampak Baik untuk BTC, Apa Alasannya?

author:

Bitcoin Ordinals Diyakini Berdampak Baik untuk BTC, Apa Alasannya?

Dalam beberapa waktu terakhir, Ordinals telah menjadi topik hangat, khususnya bagi komunitas Bitcoin. Mendapatkan respon pro dan kontra, baru-baru ini perusahaan investasi crypto, Grayscale, mengatakan bahwa terdapat dua alasan utama untuk optimis terhadap Bitcoin Ordinals.

Kira-kira, apa saja alasanya? Simak di bawah ini!

Ordinals Meningkatkan Biaya Penambangan

Menurut perusahaan investasi mata uang crypto, Grayscale, Bitcoin Ordinals atau yang biasa dikenal sebagai Bitcoin NFT diyakini dapat memperbaharui antusiasme pengembang terhadap Bitcoin sekaligus meningkatkan biaya penambangan.

bitcoin ordinals bantu btc
Sumber: Twitter

Dalam sebuah posting blog “Market Byte” pada 27 April 2023, perusahaan tersebut mengatakan bahwa Ordinals memberikan dua manfaat utama bagi pertumbuhan dan perkembangan ekosistem Bitcoin.

Mengutip tulisan Grayscale, alasan pertama mengapa Bitcoin Ordinals berdampak baik terhadap BTC adalah adanya peningkatan substansial dalam biaya yang dibayarkan kepada para penambang, yang telah terlihat sejak peluncuran protokol pada bulan Januari 2023.

“Munculnya peraturan telah menyebabkan peningkatan total biaya yang dibayarkan kepada para penambang, yang berpotensi menetapkan tingkat dasar biaya transaksi yang berkelanjutan untuk memberi insentif kepada para penambang.”

Mengutip Cointelegraph (1/5/23), Grayscale berpendapat bahwa hal tersebut akan memastikan “keamanan jaringan yang berkelanjutan selama masa pakai jaringan Bitcoin.”

Pada beberapa waktu lalu, laporan dari Cointelegraph telah memaparkan bahwa dalam waktu kurang dari dua bulan setelah peluncurannya, tercatat terdapat lebih dari $600.000 atau Rp8,8 miliar yang dibayarkan kepada penambang Bitcoin, semata-mata sebagai hasil dari biaya yang dihasilkan oleh inskripsi Ordinal.

Di saat artikel ini ditulis, angka tersebut telah melampaui angka $6,5 juta atau setara dengan Rp95 miliar.

Baca juga: Kalahkan Bitcoin Ordinals, Bitcoin Stamps Telah Mencetak 8.300 Stamps dalam 1 Bulan

Ordinals Mampu Menarik Pengguna Bitcoin Baru

Biaya yang dihabiskan untuk menuliskan NFT Ordinal pada blockchain Bitcoin – Dune

Selain itu, perusahaan investasi Grayscale percaya bahwa Ordinals dan “kecepatan adopsi NFT” juga dapat menarik pengguna Bitcoin baru dan memicu lebih banyak pengembangan di jaringan Bitcoin.

“Kami percaya kemunculan Ordinals kemungkinan besar akan mempromosikan komunitas dan budaya yang berorientasi pada pengembangan untuk mendukung jaringan Bitcoin” tulis Grayscale.

Lebih lanjut, menurut data analitik Dune, jumlah inskripsi di Bitcoin kini tercatat lebih dari 2,5 juta, yang mana telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa di 223.311 inskripsi harian pada tanggal 29 April 2023.

Di waktu yang sama, jumlah transaksi Bitcoin juga mendekati puncak yang belum terlihat dalam beberapa tahun terakhir, menurut perusahaan data blockchain IntoTheBlock.

Menurut laporan Cointelegraph, peningkatan pesat yang dialami oleh Ordinals telah menjadi topik kontroversial dalam komunitas Bitcoin yang lebih luas, dengan para maksimalis Bitcoin yang mengkritik karena dirasa menyimpang dari tujuan awal Bitcoin sebagai mata uang elektronik peer-to-peer dan menyumbat ruang blok yang berharga.

Meski mendapatkan beberapa kritikan, tren Bitcoin Ordinals tidak bisa dihindari karena beberapa proyek NFT populer terlihat berbondong-bondong untuk bergabung ke dalamnya.

Salah satu di antara proyek NFT populer yang bergabung dengan tren Bitcoin Ordinals adalah DeGods, yang sempat menyiapkan sebuah aturan sederhana di mana para kolektor akan berpartisipasi dalam pencetakan menggunakan sistem “siapa cepat dia dapat” di dalam Ordinals.

Baca selengkapnya di NFT Populer Solana, ‘DeGods’ Bergabung Dengan Tren Bitcoin Ordinals.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: