Open Interest Bitcoin Naik di Binance dan Coinbase Menjelang FOMC!

author:

Open Interest Bitcoin Naik di Binance dan Coinbase Menjelang FOMC!

Menjelang pengumuman penting dari Federal Open Market Committee (FOMC), pasar crypto menunjukkan gejala yang menarik. Data terkini yang dipaparkan oleh Coingape (13/12/23), mengungkapkan lonjakan Open Interest (OI) Bitcoin, sebuah indikator penting yang mencerminkan posisi para trader di pasar.

Dalam empat jam terakhir, OI Bitcoin meningkat sebesar 0,58%, mencapai angka $17,95 miliar atau setara dengan 434,10K BTC, berdasarkan laman Coinglass. Lonjakan ini terutama terlihat di Binance dan Coinbase, dua bursa terkemuka yang menjadi sorotan utama.

Lonjakan Open Interest di Binance

binance luncurkan copy trading
Sumber: VOX

Binance, sebagai salah satu bursa crypto terbesar, mencatatkan peningkatan OI Bitcoin yang signifikan. Dalam empat jam terakhir, terjadi lonjakan sebesar 1,96%, dan dalam satu jam terakhir, angkanya naik lagi sebesar 0,89%. Ini menghasilkan total OI sebesar $4,22 miliar atau 102,11K BTC.

Baca juga: Harga Bitcoin Naik Bersama Saham Setelah Data Pekerjaan AS Keluar!

Lebih lanjut, peningkatan ini menandakan bahwa para trader di Binance sedang aktif mengambil posisi menjelang pengumuman FOMC. Binance tidak hanya menjadi platform yang populer bagi para trader, tetapi juga menjadi barometer penting dalam mengukur sentimen pasar.

Sementara itu, kenaikan OI di Binance ini menunjukkan bahwa para pelaku pasar mungkin sedang bersiap untuk perubahan harga yang mungkin terjadi setelah FOMC mengumumkan kebijakan terbarunya. Para trader tampaknya sedang mengantisipasi dampak keputusan FOMC terhadap pasar crypto.

Coinbase Ikut Meningkat

Coinbase, bursa crypto yang berbasis di Amerika Serikat, juga mengalami lonjakan OI yang tidak kalah menariknya. Dalam satu jam terakhir, OI Bitcoin di Coinbase melonjak sebesar 2,74%, mencapai $3,89 juta atau 94,25 BTC. Lonjakan ini menunjukkan bahwa tidak hanya Binance, tetapi juga Coinbase menjadi pusat aktivitas para trader yang sedang bersiap untuk pengumuman FOMC.

Peningkatan OI di Coinbase ini menegaskan bahwa pasar crypto Amerika juga sangat responsif terhadap peristiwa ekonomi global. Para trader di Coinbase tampaknya juga sedang memposisikan diri mereka untuk menghadapi kemungkinan fluktuasi harga Bitcoin yang dipicu oleh keputusan FOMC. Ini menunjukkan bahwa pasar crypto di AS juga memiliki peran penting dalam dinamika harga Bitcoin global.

Baca juga: Pemotongan Suku Bunga Federal Reserve 2024 ‘Katalis Sempurna’ untuk Halving Bitcoin!

Bitcoin dan FOMC: Apa Dampaknya?

berapa kali fomc meeting
Sumber: ETF Trends

Pada 13 Desember 2023, harga Bitcoin tercatat turun sebesar 1,25% menjadi $41.416,13, dengan volume perdagangan yang turun sebesar 25,93% menjadi $23,37 miliar. Dalam 24 jam terakhir, Bitcoin mencatatkan harga tertinggi dan terendah masing-masing sebesar $41.835,44 dan $40.667,56.

Pasar crypto yang volatil ini menunjukkan bahwa para investor sedang menunggu menit-menit FOMC dan data ekonomi kunci lainnya sebelum membuat keputusan investasi lebih lanjut. Keputusan FOMC yang akan datang ini dianggap krusial karena dapat mempengaruhi performa pasar ke depannya.

Dengan lonjakan OI di Binance dan Coinbase, para pelaku pasar tampaknya sedang bersiap untuk periode yang dinamis di ruang crypto. OI menjadi indikator penting yang mencerminkan sentimen dan posisi para trader, dan ini bisa menjadi tanda awal dari pergerakan pasar yang akan datang.

Bersamaan dengan lonjakan Open Interest di Binance dan Coinbase, pasar crypto tampaknya sedang memanas menjelang pengumuman FOMC. Para trader di seluruh dunia sedang menantikan keputusan yang akan mempengaruhi arah pasar crypto ke depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: