Faktanya Bitcoin Nyaris Dinamai Netcoin oleh Satoshi Nakamoto!

Faktanya Bitcoin Nyaris Dinamai Netcoin oleh Satoshi Nakamoto!

Memilih sebuah nama merupakan salah satu keputusan paling menantang yang harus dibuat seseorang saat akan meluncurkan sebuah layanan, produk, atau bisnis baru. Data historis pembelian nama domain menunjukkan bahwa Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin (BTC), memiliki opsi penamaan alternatif sebelum nama Bitcoin dicantumkan ke dalam whitepaper.

Pertimbangan Nama Netcoin Selain Bitcoin

Bitcoin.org, domain situs web yang ditautkan ke Bitcoin, dibuat pada 18 Agustus 2008 di bawah layanan AnonymousSpeech. AnonymousSpeech adalah sebuah layanan di Jepang yang memungkinkan pengguna untuk membeli nama domain secara anonim.

Pembelian domain di bawah AnonymousSpeech ini terjadi di rentang waktu yang sama dengan tanggal pembuatan Netcoin.org yang dilakukan pada 17 Agustus 2008 atau sehari sebelum pembuatan Bitcoin.org.

Setelah melalukan penelitian lebih lanjut, crypto locksmith Or Weinberger mengkonfirmasi bahwa tidak ada konten yang pernah dibagikan di domain Netcoin.org. Domain Netcoin.org diketahui telah dihapus dan didaftarkan ulang ke anak perusahaan Web.com pada 2010.

Baca Juga: Michael Saylor Melalui MicroStrategy Borong dan Hold 130.000 Bitcoin!

Komunitas Crypto Umumnya Tidak Menyukai Nama Netcoin

Keputusan untuk tetap menggunakan nama Bitcoin mungkin bisa dibilang memainkan peran yang sangat penting untuk keberhasilan Bitcoin saat ini.

Faktanya, banyak anggota komunitas crypto menunjukkan ketidaksukaan mereka terhadap nama Netcoin. Seorang netizen di Twitter mengatakan bahwa ia senang nama Bitcoin pada akhirnya dipilih karena terdengar jauh lebih baik dibandingkan Netcoin.

Nama Bitcoin Sah Dipilih Satoshi Nakamoto

Identitas Satoshi Nakamoto
Finbold

Terlepas dari misteri di balik penciptaan Bitcoin, aset tersebut terus mendominasi pasar keuangan hingga saat ini. Banyak netizen merespon tweet Weinberg dan berpendapat bahwa data riwayat domain dapat membantu mengungkap siapa itu Satoshi Nakamoto.

Data tersebut dinilai dapat membuktikan apakah beberapa orang yang mengaku sebagai pencipta Bitcoin adalah memang benar atau tidak. Ilmuwan Komputer Australia, Craig Wright, contohnya yang telah berulang kali mengklaim bahwa dia adalah Satoshi Nakamoto.

Untuk membuktikan identitasnya sebagai pencipta Bitcoin, Wright bahkan menuntut orang-orang yang mengatakan bahwa Wright bukan Satoshi yang asli ke pengadilan. Wright juga mengajukan gugatan terhadap 16 developer Bitcoin dalam upaya mengklaim sejumlah 111.000 BTC dari dua wallet address yang menurutnya mengalami kehilangan private key.

Salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, menyebut Wright sebagai seorang scammer. Buterin mengatakan bahwa Wright tidak bisa menjadi Satoshi karena dia secara teknis membagikan banyak informasi yang salah tentang Bitcoin, web 3.0, dan sektor crypto secara umum. Sampai saat ini, tidak diketahui siapa sosok dibalik Satoshi Nakamopto yang sebenarnya.

Referensi:

Arijit Sarkar. Bitcoin was almost named Netcoin by Satoshi Nakamoto, hints domain data. Diakses tanggal: 29-09-22

Birupaksh Kaundilya. Bitcoin was almost named Netcoin by Satoshi Nakamoto, hints domain data. Diakses tanggal: 29-09-22

Ali Raza. This Was the Alternative Name for Bitcoin That Satoshi Nakamoto Almost Picked. Diakses tanggal: 29-09-22