Bitcoin Naik 23%, Tapi Pedagang Opsi Masih Ragu

Bitcoin Naik 23%, Tapi Pedagang Opsi Masih Ragu

Harga Bitcoin telah mengalami kenaikan sebesar 23% dalam lima hari terakhir hingga 28 Februari. Namun, para pedagang opsi Bitcoin masih enggan untuk mengambil sikap bullish.

Kekhawatiran muncul di antara para investor crypto tentang potensi penurunan arus masuk yang besar ke dalam exchange-traded fund (ETF) Bitcoin spot, yang dapat memicu koreksi harga. Pada tanggal 28 Februari saja, ETF Bitcoin AS mengalami arus masuk bersih sebesar $673 juta.

Perbedaan Pendapat tentang Arus Masuk ETF Bitcoin

Perbedaan Pendapat tentang Arus Masuk ETF Bitcoin
Laevitas

Interpretasi terhadap data ini menghasilkan dua perspektif yang berbeda. Beberapa berpendapat bahwa arus masuk tersebut mungkin tidak berkelanjutan dalam jangka panjang, baik karena permintaan yang melambat seiring dengan kenaikan harga Bitcoin atau karena ada batasan selera risiko untuk eksposur mata uang crypto.

Sebaliknya, dari sudut pandang bullish, beberapa pedagang percaya pada “efek bola salju” di mana kenaikan harga Bitcoin “lebih lanjut menginspirasi” penjualan ETF. Pedagang beaniemaxi mengungkapkan pendapat mereka di jejaring sosial, menunjukkan bahwa BlackRock dan penerbit ETF spot lainnya memiliki insentif untuk mengerahkan tim penjualan mereka karena “narasi Bitcoin sedang melekat.”

Baca Juga: Aplikasi Pembayaran Bitcoin Strike Siap Meluncur di Afrika!

Ekonom David Rosenberg memperkirakan kemungkinan 85% resesi ekonomi AS pada tahun 2024. Skew delta 25% opsi Bitcoin tetap netral sejak 20 Februari, berfluktuasi antara -7% dan +7%. Data menunjukkan bahwa pedagang top di Binance dan OKX tetap relatif netral hingga 26 Februari, di mana mereka secara bertahap meningkatkan posisi long bersih karena harga Bitcoin melampaui $53.000.

Pemerintah AS Memindahkan Hampir $1 Miliar Bitcoin yang Disita dari Peretas Bitfinex

X/@beaniemaxi

Dompet crypto yang berisi Bitcoin yang disita oleh pemerintah AS dalam peretasan Bitfinex yang terkenal – yang kemudian mengarah pada pengakuan bersalah Ilya Lichtenstein dan Heather “Razzlekhan” Morgan – tiba-tiba menjadi aktif. Dua dompet crypto yang ditandai sebagai tempat penyimpanan dana yang disita oleh pemerintah AS terkait dengan peretasan Bitfinex yang terkenal baru saja mentransfer hampir $1 miliar bitcoin ke alamat yang tidak dikenal.

Sebuah dompet yang merupakan salah satu dari sedikitnya tiga yang ditandai oleh perusahaan data blockchain Arkham Intelligence sebagai tempat penyimpanan dana peretas Bitfinex yang disita, atas nama pemerintah, awalnya mentransfer 1 BTC sekitar pukul 18:39 UTC (1:39 pm ET). Sekitar setengah jam kemudian, 2.817 BTC yang tersisa di dompet tersebut dikirim, sehingga dompet tersebut kosong. Keduanya mewakili sekitar $173 juta bitcoin.

Motif Pemindahan Bitcoin Masih Belum Jelas

Tak lama kemudian, dompet lain, yang berisi sekitar 12.300 BTC, mentransfer 0,01 BTC ke alamat lain yang tidak dikenal, menurut Arkham, dan tak lama kemudian BTC yang tersisa dikirim. Transfer tersebut mewakili sekitar $750 juta, sehingga total nilai bitcoin yang ditransfer dari kedua dompet tersebut menjadi sekitar $923 juta, berdasarkan harga terkini mata uang crypto terkemuka tersebut.

Motif pemindahan tersebut tidak jelas, dan Departemen Kehakiman menolak berkomentar tentang tujuannya, tetapi seorang pejabat mengonfirmasi bahwa pemindahan tersebut dilakukan sebagai bagian dari kegiatan penegakan hukum yang sah.

Bitcoin bergerak selama hari perdagangan yang bergejolak dalam mata uang crypto, dengan harganya mencapai $60.000 untuk pertama kalinya sejak November 2021, kemudian naik lebih jauh di atas $64.000 sebelum tiba-tiba jatuh ke tepat di atas $59.000. Pada saat berita ini ditulis, harganya bergerak tepat di atas $60.000. Harga tertinggi sepanjang masa, yang ditetapkan pada akhir tahun 2021, adalah sekitar $69.000.

Penutup

Menurut Arkham, ada dompet pemerintah AS lainnya yang berisi sekitar 94.600 BTC dana peretas Bitfinex yang disita, senilai sekitar $5,79 miliar dengan harga saat ini. Peretasan Bitfinex adalah salah satu pencurian paling terkenal di industri crypto, sebagian karena posting media sosial yang penuh warna dari Heather “Razzlekhan” Morgan, yang didakwa dalam kasus tersebut bersama dengan Ilya Lichtenstein.

Baca Juga: Klaim Airdrop Immutable $IMX: Panduan Lengkap

Menurut siaran pers Departemen Kehakiman pada bulan Agustus, pemerintah menyita sekitar 95.000 bitcoin curian dari dompet crypto yang dikendalikan oleh para terdakwa, yang nilainya sekitar $3,6 miliar pada saat penyitaan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi