Terobosan Hijau di Dunia Crypto, Bitcoin Gunakan Energi Terbarukan!

Terobosan Hijau di Dunia Crypto, Bitcoin Gunakan Energi Terbarukan!

Apakah kamu tahu bahwa penambangan Bitcoin kini lebih ramah lingkungan dari sebelumnya? Sebuah laporan terbaru mengungkapkan bahwa penambangan Bitcoin telah mencapai penggunaan energi terbarukan sebesar 54,5%. Ini merupakan angka tertinggi yang pernah dicapai, menandakan langkah besar dalam industri crypto menuju praktik yang lebih berkelanjutan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Revolusi Energi Berkelanjutan

bitcoin mining sustainability
Grafik yang menunjukkan keberlanjutan penambangan Bitcoin. Sumber: Woobull

Penambangan Bitcoin telah mengalami transformasi besar dengan adopsi energi terbarukan. Menurut Bitcoin ESG Forecast, penambangan Bitcoin kini memimpin penggunaan energi berkelanjutan dengan persentase mencapai 54,5%.

Ini menunjukkan peningkatan sebesar 3,6% dalam setahun, mengungguli berbagai sektor industri lainnya. Peningkatan ini tidak terlepas dari perpindahan para penambang ke wilayah Amerika Utara yang memiliki grid lebih hijau.

Selain itu, penemuan lokasi penambangan off-grid yang memanfaatkan energi terbarukan juga berkontribusi besar. Dengan adanya larangan penambangan di China dan Kazakhstan, para penambang beralih ke sumber energi yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Heboh, Suhu Dingin Texas Sebabkan Hash Rate Bitcoin Anjlok Drastis!

Strategi Mitigasi Metana

mining race
Generated by AI

Salah satu strategi inovatif yang diadopsi oleh penambang adalah penggunaan metana yang sebelumnya terbuang. Beberapa perusahaan penambangan telah berhasil mengonversi metana yang terbuang menjadi energi listrik untuk penambangan Bitcoin. Langkah ini tidak hanya mengurangi dampak lingkungan tetapi juga meningkatkan efisiensi dalam proses penambangan.

Dengan strategi ini, Bitcoin berhasil mengurangi emisi sebesar 7,3% tanpa perlu kompensasi karbon. Ini merupakan pencapaian tertinggi di antara semua sektor industri. Penambang off-grid yang menggunakan metana ini berkontribusi signifikan dalam pencapaian rekor penggunaan energi berkelanjutan di industri crypto.

Baca Juga: ETF Bitcoin Buka Peluang Emas bagi Altcoin, Ini Alasannya!

Bitcoin dan Masa Depan Energi Bersih

Penggunaan energi terbarukan tidak hanya baik untuk lingkungan tetapi juga menguntungkan bagi penambang Bitcoin. Energi terbarukan cenderung lebih murah dan efisien dibandingkan bahan bakar fosil. Ini berarti penambang dapat mengurangi biaya operasional seiring waktu. Bitcoin juga menjadi salah satu blockchain populer untuk token non-fungible (NFT).

Dengan penjualan NFT yang telah melebihi $2 miliar, Bitcoin menegaskan posisinya sebagai pemain utama di pasar crypto. Ini menunjukkan bahwa Bitcoin tidak hanya berfokus pada penambangan yang berkelanjutan tetapi juga terus berkembang dalam aspek lain dari ekosistem crypto.

Kesimpulan

Kesadaran akan pentingnya keberlanjutan telah membawa perubahan signifikan dalam industri crypto. Dengan pencapaian terbaru dalam penggunaan energi terbarukan, Bitcoin menunjukkan bahwa teknologi blockchain dapat berkembang seiring dengan pelestarian lingkungan. Ini adalah kabar baik bagi kamu yang peduli dengan masa depan planet sekaligus ingin terlibat dalam revolusi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi