Bitcoin Miners Bersiap Menyambut Bitcoin Halving

Bitcoin Miners Bersiap Menyambut Bitcoin Halving

Para penambang Bitcoin menunggu momentum keuntungan menjelang ‘halving’ Bitcoin, sebuah peristiwa di mana hadiah untuk produksi token dikurangi setengah. Halving berikutnya dijadwalkan pada bulan April 2024. Per November ini dari total pasokan maksimal Bitcoin sebanyak 21 juta, sebanyak 19 jutanya sudah ditambang.

Analis di perusahaan broker BTIG yang mengkaji 13 penambang Bitcoin terbesar di Amerika Serikat (AS) Gregory Lewis mengatakan, “Banyak urgensi bagi penambang untuk memasang rig sebelum adanya halving,”

Penambang Butuh Daya & Kecepatan

Untuk melakukan penambangan, terdapat hashrate bitcoin yang merupakan ukuran dari kekuatan komputasi untuk menambang sebuah koin. Adapun hashrate ini telah mencapai all-time high (titik puncak tertinggi sepanjang masa) naik menjadi 547,79 Ehash/detik pada 19 November lalu. Hal ini membuat penambang harus menggunakan lebih banyak daya dan kecepatan untuk memecahkan teka-teki matematika kompleks untuk bisa menambang Bitcoin.

Baca juga: Apa itu Hashrate?

Sebagai gambaran, di tahun 2023 ini rata-rata pendapatan 30 hari yang diperoleh oleh para penambang telah meningkat secara stabil dan mencapai puncak 18 bulan pada $32,46 juta pada 11 November, dilansir dari data blockchain.com. Namun, penambangan yang merupakan proses yang membutuhkan energi besar masih belum seprofitabel pada masa kejayaannya pada 2021.

Ukuran penghasilan penambang dari penggunaan 1 petahash per detik kekuatan komputasi dalam sehari telah meningkat menjadi lebih dari $81 dari $70 pada awal November tetapi masih jauh di bawah puncak $127 pada awal Mei, menurut platform data penambangan Hashrate Index.

Efek Bitcoin Halving untuk Penambang

Bitcoin biasanya mengalami kenaikan harga setelah halving. Sebagai contoh, enam bulan setelah halving pertama pada tahun 2012, harganya melonjak menjadi $126 dari $12. Setelah halving kedua pada 2016, harganya naik menjadi $1,000 dari $654 dalam tujuh bulan dan pada 2020, harganya melonjak menjadi $18,040 dari $8,570 dalam periode waktu yang sama.

Halving ketiga Bitcoin pada 2020 mengurangi hadiah penambang menjadi 6,25 Bitcoin per blok dan halving yang akan datang akan menurunkannya menjadi 3,125 pada April. Dengan harga saat ini, penambangan setiap blok menghasilkan $231,250.

Baca juga: Apa itu Bitcoin Halving?

Matteo Greco, analis di perusahaan investasi aset digital Fineqia International (FNQ.CD), mengatakan, “Banyak perusahaan penambangan sedang meningkatkan peralatan mereka dan meningkatkan kekuatan hashrate untuk tetap kompetitif,”

Untuk menjaga margin keuntungan, beberapa pemain telah beralih ke pemindahan operasi ke negara-negara Amerika Tengah di mana harga energi lebih terjangkau, dan pemerintah lebih ramah terhadap cryptocurrency.

Referensi: