Bitcoin: Menuju Puncak atau Koreksi?

Bitcoin: Menuju Puncak atau Koreksi?

Harga Bitcoin (BTC) yang melonjak akhir-akhir ini telah menarik perhatian banyak pakar pasar yang percaya bahwa ini mungkin menjadi awal dari sesuatu yang besar.

Salah satu pakar yang telah mempertimbangkan tren bullish yang sedang berlangsung adalah trader Bitcoin legendaris, John Bollinger. Ia membagikan grafik BTCUSD di akun Twitter resminya, mencatat bahwa kripto utama tersebut mengikuti ujung atas Bollinger Bands (BB).

Analisis John Bollinger

X/@bbands

John Bollinger berpendapat bahwa lonjakan menuju ujung atas Bollinger Bands dapat bertahan untuk sementara waktu. Namun, ia memperkirakan akan terjadi divergensi di kemudian hari, menggarisbawahi bagaimana harga Bitcoin dapat terkoreksi secara negatif setelah euforia saat ini berakhir.

Baca Juga: Bitcoin: Investasi atau Sekadar Spekulasi?

Bitcoin saat ini diperdagangkan pada harga $47.213,46, turun 0,77% dalam 24 jam terakhir. Secara keseluruhan, koin tersebut telah mempertahankan kinerja positif dalam periode year-to-date (YTD) di mana ia telah melonjak lebih dari 11%. Target utama Bitcoin sekarang bergantung pada level harga tertingginya untuk tahun ini yang dipatok pada $48.969,37.

Prediksi Harga Bitcoin

Prediksi Harga Bitcoin
Grayscale Research

Selama beberapa bulan terakhir, para ahli seperti John Bollinger selalu mempertahankan ekspektasi harga yang optimis untuk koin tersebut. Banyak target harga bullish juga telah dikeluarkan dengan Samson Mow, CEO kendaraan investasi Jan3, memproyeksikan kenaikan hingga $1 juta.

Tesis di balik ramalan besar-besaran ini bertumpu pada dua peristiwa penting dalam ekosistem – produk ETF Bitcoin spot dan halving Bitcoin berikutnya. Kedua peristiwa ini siap untuk meningkatkan daya tarik BTC melalui akumulasi yang intens dan pengurangan emisi hadiah blok kepada penambang.

Dengan fundamental ini, krisis pasokan sudah dekat, yang jika digabungkan dengan permintaan yang lebih tinggi, akan mendorong harga aset ke level yang tak terbayangkan.

Dampak ETF Bitcoin dan Halving

X/@BitMEXResearch

ETF Bitcoin spot yang baru-baru ini diluncurkan telah mencapai tonggak sejarah yang signifikan sebesar $10 miliar dalam aset yang dikelola pada 9 Februari. Produk-produk ini menyelesaikan 20 sesi perdagangan pertama mereka, mencapai tonggak $10 miliar dalam aset yang dikelola (AUM).

Menurut data dari BitMEX Research, arus masuk bersih untuk sembilan ETF mencapai $2,7 miliar pada 9 Januari, dipimpin oleh iShares Bitcoin Trust milik BlackRock, yang saat ini memegang Bitcoin (BTC) senilai $4 miliar. Posisi kedua diklaim oleh Wise Origin Bitcoin Fund milik Fidelity Investment, dengan lebih dari $3,4 miliar BTC dalam pengelolaan.

Halving Bitcoin, yang terjadi setiap empat tahun, memotong hadiah untuk menambang blok menjadi setengahnya. Ini memperlambat laju koin baru yang diperkenalkan ke dalam jaringan. Bagi para penambang, mekanisme deflasi berarti pengurangan 50% dalam pendapatan penambangan.

Namun, biaya penambangan tetap sama atau bahkan dapat meningkat agar tetap menguntungkan. Menanggapi tekanan biaya, para penambang biasanya menjual lebih banyak inventaris Bitcoin mereka, sehingga meningkatkan pasokan dan menekan harga.

Penutup

Lonjakan harga Bitcoin baru-baru ini telah menarik perhatian banyak analis dan pedagang, termasuk John Bollinger. Bollinger mencatat bahwa BTCUSD saat ini mengikuti ujung atas Bollinger Bands, menunjukkan potensi kenaikan lebih lanjut. Namun, ia memperingatkan kemungkinan divergensi di kemudian hari, yang dapat menyebabkan koreksi harga.

Sementara itu, ETF Bitcoin spot telah mencapai tonggak $10 miliar dalam aset yang dikelola, sementara halving Bitcoin berikutnya diperkirakan akan berdampak positif pada harga BTC.

Baca Juga: ETF Spot Bitcoin Baru Mengumpulkan 200.000 BTC dalam Waktu Kurang dari Sebulan!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi