Bitcoin akan Turun Menuju $38.000? Analis Top Beri Peringatan Jelang Halving!

author:

Bitcoin akan Turun Menuju $38.000? Analis Top Beri Peringatan Jelang Halving!

Dunia crypto yang penuh gejolak kembali menarik perhatian dengan mata uang digital pionir, Bitcoin (BTC), yang semakin mendekati event halving yang dinanti-nantikan pada bulan April 2024.

Analis crypto terkemuka, Crypto Tony, baru-baru ini mengguncang komunitas dengan prediksi di Twitter yang menyebutkan kemungkinan penurunan harga Bitcoin menjadi $38.000 menjelang halving.

Analisis Harga Bitcoin Terkini

analisa harga bitcoin
Sumber: X

Melalui sebuah cuitan pada 21 Januari 2024, Crypto Tony membagikan prediksinya untuk harga Bitcoin menjelas Bitcoin halving. Tony menyebutkan kemungkinan adanya penurunan harga Bitcoin menjadi $38.000.

Baca juga: BlackRock Borong 11 Ribu BTC di Tengah Pasar Bearish!

Saat penulisan, harga Bitcoin berada di angka $41.770 dengan kenaikan tipis sebesar 0,62% dalam 24 jam terakhir. Namun, dalam 30 hari terakhir, mata uang ini mengalami penurunan sebesar 5,01%, menunjukkan fluktuasi pasar yang terus berlangsung.

Volume perdagangan Bitcoin juga mengalami penurunan drastis, turun sebesar 56,12% dalam 24 jam terakhir menjadi $9.930.593.235. Data dari CoinGlass menunjukkan bahwa dalam 24 jam terakhir terjadi likuidasi senilai $2,54 juta dalam BTC. Ini termasuk likuidasi long sebesar $628.480 dan likuidasi short sebesar $1,91 juta, yang menegaskan sensitivitas pasar saat ini terhadap fluktuasi.

Penggemar dan investor crypto dengan seksama mengikuti perkembangan ini seiring dengan mendekatnya halving Bitcoin.

Antisipasi Halving Bitcoin

Menurut laporan U.Today, Glassnode, platform analitik on-chain terkemuka, memperkirakan bahwa halving Bitcoin berada sekitar 97 hari lagi. Halving Bitcoin adalah event yang telah ditentukan sebelumnya yang terjadi kira-kira setiap empat tahun atau setelah 210.000 blok berhasil ditambang.

Selama halving, hadiah yang diterima penambang untuk memvalidasi transaksi akan dibagi dua. Mekanisme kelangkaan ini tertanam dalam protokol Bitcoin, bertujuan untuk mengendalikan inflasi koin dan menjaga nilainya dari waktu ke waktu.

Event ini dianggap sebagai katalis penting bagi harga Bitcoin, dengan melihat pola harga historis di mana event halving sebelumnya telah beriringan dengan lonjakan harga yang signifikan.

Baca juga: 100 Hari Menuju Bitcoin Halving 2024: Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui!

Prediksi Pasca-Halving

Meskipun Crypto Tony memprediksi penurunan harga menjadi $38.000 sebelum halving, penting untuk diingat bahwa prediksi ini berkaitan dengan level harga sebelum halving. Melihat ke depan, setelah halving, banyak analis memprediksi akan terjadi reli harga untuk mata uang crypto terkemuka ini.

Analis memperkirakan bahwa pengurangan hadiah penambangan selama event halving menciptakan kejutan pasokan, yang mengarah pada peningkatan permintaan dan akhirnya mendorong naik harga Bitcoin.

Dengan pendekatan halving Bitcoin, pasar crypto saat ini berada dalam ketegangan. Prediksi harga yang beragam dari para analis menambah ketidakpastian, namun juga memberikan peluang bagi kamu yang ingin memanfaatkan momen ini.

Tetaplah waspada dan lakukan riset sebelum membuat keputusan investasi di dunia crypto yang dinamis ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: