Ketika Bitcoin Menjadi Sunyi: Apa yang Terjadi dengan Jaringan Terbesar Crypto di 2023?

Ketika Bitcoin Menjadi Sunyi: Apa yang Terjadi dengan Jaringan Terbesar Crypto di 2023?

Meskipun Bitcoin dikenal sebagai mata uang crypto yang paling populer dan sering menjadi pusat perhatian, 2023 tampaknya menjadi tahun yang berbeda.

Dengan volume transfer yang menurun dan adopsi jaringan yang berkurang, apa yang sebenarnya terjadi dengan Bitcoin?

Penurunan Adopsi Crypto di Jaringan Bitcoin

Penurunan Adopsi Crypto di Jaringan Bitcoin
Santiment

Sebelumnya, Bitcoin dikenal sebagai jaringan yang penuh dengan aktivitas. Namun, pada 2023, jaringan Bitcoin tampak lebih sunyi.

Menurut data dari Glassnode, volume transfer total hanya $2,63 miliar per hari, turun hampir 80% dari puncak yang dicapai selama pasar bullish 2021.

Baca Juga: Benjamin Cowen Rilis Prediksi Bitcoin September 2023! Bearish atau Bullish?

Ketidakpastian mengenai keamanan bursa terpusat dan optimisme terhadap potensi jangka panjang Bitcoin telah membangkitkan permintaan untuk penyimpanan mandiri. Akibatnya, tren saat ini lebih condong ke arah HODLing daripada perdagangan.

Meskipun demikian, rata-rata bulanan alamat baru yang masuk ke blockchain Bitcoin jauh lebih rendah daripada rata-rata tahunan, menunjukkan kontraksi aktivitas on-chain dan penggunaan jaringan yang berkurang.

Transaksi Meningkat, Namun Whale Meninggalkan Jaringan

Transaksi Meningkat, Namun Whale Meninggalkan Jaringan
CryptoQuant

Meskipun adopsi jaringan menurun, jumlah transaksi di jaringan Bitcoin telah meningkat pada 2023. Pada bulan Mei 2023, jaringan menyaksikan lalu lintas yang memecahkan rekor.

Namun, meskipun jumlah transaksi meningkat, volume transfer menurun. Hal ini menunjukkan bahwa lonjakan tersebut didorong oleh transaksi bernilai rendah yang dilakukan oleh investor yang memiliki jumlah BTC yang lebih kecil.

Data dari CryptoQuant menunjukkan bahwa whale hanya berkontribusi sekitar 39% dari total aliran masuk ke bursa pada 8 September 2023.

Indikator Rasio Whale Bursa telah menurun secara signifikan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Bitcoin Menuju Puncak Baru di 2024? Analisis Prediksi Harga BTC yang Menggemparkan!

Dengan berbagai perubahan yang terjadi di jaringan Bitcoin pada 2023, penting bagi investor untuk tetap waspada dan memahami dinamika pasar.

Meskipun Bitcoin mungkin tampak lebih sunyi, potensinya sebagai aset investasi tetap tidak terbantahkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: