Bitcoin Menguat, Pemegang Jangka Panjang Tetap Teguh!

Bitcoin Menguat, Pemegang Jangka Panjang Tetap Teguh!

Pemegang jangka panjang Bitcoin belum tergoda untuk mengambil keuntungan meski harga Bitcoin meroket. Menurut laporan terbaru dari firma analitik on-chain, Glassnode, pemegang jangka panjang atau “Long-Term Holders” (LTHs) Bitcoin tetap tenang meski harga aset ini naik ke level $35.000.

Siapa Sebenarnya Pemegang Jangka Panjang Bitcoin?

Siapa Sebenarnya Pemegang Jangka Panjang Bitcoin?
Glassnode

Pemegang jangka panjang Bitcoin adalah investor yang telah memegang koin mereka selama setidaknya 155 hari. Statistik menunjukkan, semakin lama pemegang mempertahankan koin mereka, semakin kecil kemungkinan mereka untuk memindahkannya.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak ke $35.000, Ribuan Trader Crypto Bereaksi Seperti Ini!

Oleh karena itu, LTHs yang telah memegang koin mereka dalam jumlah signifikan cenderung tetap diam di masa depan. Sepanjang sejarah, kelompok ini telah menunjukkan keyakinan ini, terlepas dari apa yang terjadi di pasar, baik itu FUD dari crash atau FOMO dari rally.

Bagaimana Reaksi LTHs Terhadap Rally Bitcoin Terbaru?

Seperti yang ditunjukkan dalam grafik berikut, pasokan Bitcoin yang dipegang oleh LTHs telah meningkat baru-baru ini dan mencapai ATH baru sekitar 14,9 juta BTC. Ini menunjukkan bahwa sejumlah netto pasokan terus matang melewati ambang batas 155 hari meski rally tajam yang dinikmati aset ini.

Dalam grafik tersebut, Glassnode juga mencantumkan data untuk metrik lain: jumlah pasokan LTH yang dipegang dengan beberapa kerugian. Ternyata, 29,6% dari pasokan yang dimiliki oleh para HODLer ini (sekitar 4,28 juta BTC) saat ini mengalami kerugian netto yang belum direalisasikan.

Bagaimana Dampaknya Terhadap Harga Bitcoin?

Bitcoin telah melihat lonjakan tajam 13% dalam 24 jam terakhir dan saat ini diperdagangkan di $34.500. Firma analitik on-chain mencatat bahwa ini adalah nilai yang cukup tinggi mengingat tren naik signifikan yang telah dilihat Bitcoin sejak terendahnya pada tahun 2022. Nilai indikator seperti ini biasanya terlihat selama fase pasar bear yang dalam secara historis.

Paragraf Penutup

Meski harga Bitcoin meroket, pemegang jangka panjang tetap teguh dan tidak tergoda untuk menjual. Ini menunjukkan bahwa kelompok ini mungkin lebih tangguh dan tegas dibandingkan dengan siklus sebelumnya.

Baca Juga: Investasi Bitcoin Melalui ETF Bisa Meraup Keuntungan Fantastis? Ini Faktanya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi