Bitcoin Mengejutkan Trader Profesional dengan Kenaikan 11% dalam 8 Hari! Apa yang Terjadi?

Bitcoin Mengejutkan Trader Profesional dengan Kenaikan 11% dalam 8 Hari! Apa yang Terjadi?

Bitcoin (BTC) mengejutkan banyak pihak dengan kenaikan harga sebesar 11% dalam delapan hari setelah memantul dari level support $38.500. Pergerakan ini tidak terduga, termasuk bagi Arthur Hayes, salah satu pendiri bursa crypto BitMEX. Hayes memperkirakan bahwa meningkatnya risiko inflasi di Amerika Serikat dan ketidakstabilan geopolitik akan menekan aset berisiko, termasuk Bitcoin.

Grayscale ETF dan Kekhawatiran Mt. Gox Membebani Harga BTC

Bitcoin gagal mempertahankan level support $43.000 pada 31 Januari, tetapi level harga saat ini telah tetap datar selama 30 hari, menunjukkan bahwa faktor yang memicu dampak negatif telah dinetralisir selama periode tersebut.

Beberapa analis berpendapat bahwa ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan (FUD) muncul dari arus keluar spot Bitcoin exchange-traded fund (ETF) Grayscale dan potensi penjualan dari klien yang akhirnya akan menerima koin mereka dari bursa Mt. Gox yang sudah tidak beroperasi.

Baca Juga: Bitcoin: Harga Bisa Melonjak 50% atau Anjlok ke $38.500? Ini Analisisnya!

Namun, perlu dicatat bahwa penerbit spot Bitcoin ETF lainnya — termasuk Fidelity, BlackRock, dan BitWise — telah menetralisir sebagian besar tekanan jual dari Grayscale Bitcoin Trust.

Meskipun demikian, Hayes memiliki poin yang valid dalam hal ekonomi makro, karena data inflasi dan pertumbuhan Amerika Serikat terbaru telah menyebabkan investor tidak lagi mengharapkan penurunan suku bunga dari Federal Reserve Amerika Serikat pada bulan Maret.

Derivatif Bitcoin Menunjukkan Trader Tidak Siap untuk $43.000

Derivatif Bitcoin Menunjukkan Trader Tidak Siap untuk $43.000
CoinGecko

Untuk menyimpulkan bagaimana paus dan meja arbitrase diposisikan, kamu dapat membandingkan permintaan leverage saat ini dengan situasi pada 23 Januari.

Paus dan pembuat pasar lebih memilih kontrak berjangka Bitcoin bulanan karena tidak adanya tingkat pendanaan, yang menyebabkan instrumen ini diperdagangkan 5% hingga 10% lebih tinggi dibandingkan dengan pasar spot reguler untuk membenarkan periode penyelesaian yang lebih lama.

Premi kontrak berjangka Bitcoin (tingkat basis), yang mengukur perbedaan antara kontrak dua bulan dan harga spot, telah berada di antara 8,5% dan 10% selama sembilan hari terakhir, yang berarti para investor tersebut hanya sedikit optimis. Setiap kali trader profesional menjadi lebih optimis, premi berjangka BTC melonjak di atas 10%.

Opsi Bitcoin Menunjukkan Kejutan bagi Trader

Opsi Bitcoin Menunjukkan Kejutan bagi Trader
Laevitas

Trader juga harus menganalisis pasar opsi untuk memahami apakah kenaikan harga baru-baru ini mengejutkan para trader. Skew delta 25% adalah tanda yang jelas untuk mengungkapkan kapan meja arbitrase dan pembuat pasar mengenakan biaya lebih untuk perlindungan naik atau turun.

Singkatnya, jika trader mengantisipasi penurunan harga Bitcoin, metrik skew akan naik di atas 7%, dan fase kegembiraan cenderung memiliki skew negatif 7%. Skew 25% opsi BTC bergerak dari ekspektasi harga negatif di 8,5% pada 23 Januari ke posisi netral di -5% pada 31 Januari. Intinya, paus dan pembuat pasar tersebut mengantisipasi penurunan harga tetapi mengubah pandangan mereka karena level support $40.000 menguat.

Paragraf Penutup

Tidak mungkin trader profesional mengantisipasi penurunan ke $38.250 dan kenaikan 11% berikutnya dalam delapan hari setelahnya. Sederhananya, trader profesional tidak mendapat untung dari kenaikan harga baru-baru ini.

Selain itu, karena para trader tersebut terkejut dan tetap netral dalam hal leverage berjangka BTC, mereka kemungkinan akan dipaksa untuk menambah posisi long (beli) jika reli berlanjut.

Baca Juga: Skor Tren Akumulasi Bitcoin (BTC) Mencapai Level Tertinggi dalam 3 Tahun, Sinyal Kuat untuk Pasar!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi