Bitcoin Mendekati Rekor Baru Sebelum Halving: Apakah Ini Mungkin?

Array

Bitcoin Mendekati Rekor Baru Sebelum Halving: Apakah Ini Mungkin?

Bitcoin saat ini diperdagangkan di atas $60.000, mendekati pencapaian rekor tertinggi baru. Ini akan menjadi langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi mata uang crypto teratas berdasarkan kapitalisasi pasar crypto, yang secara historis hanya mencapai rekor harga Bitcoin baru setelah setiap peristiwa halving.

Pentingnya Halving Bitcoin

Halving Bitcoin merupakan salah satu peristiwa paling dinanti dan berdampak bagi mata uang kripto ini, mengurangi pasokan koin baru yang masuk ke dalam sirkulasi. Bitcoin halving memotong setengah dari hadiah yang diterima penambang untuk memproses blok, yang berarti lebih sedikit BTC baru yang diciptakan dari waktu ke waktu, membuat pasokan menjadi lebih langka.

Aksi Harga yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

NewsBTC

Berbeda dengan siklus pasar kripto sebelumnya, yang diduga didorong oleh dinamika pasokan dan permintaan yang tercipta pasca-halving, harga Bitcoin saat ini berada di posisi yang tidak biasa: hanya sedikit di bawah harga tertinggi sepanjang masa.

Dalam semua siklus pasar sebelumnya, BTCUSD memiliki lebih dari 100% atau lebih untuk mendapatkan pada saat halving sebelum mencapai rekor tertinggi baru. Namun kali ini, Bitcoin hanya berjarak sekitar 10% dari mencapai rekor tertinggi baru sebelum halving tiba.

Baca Juga: Bitcoin Diprediksi Tembus $900.000, Menurut Model Crypto yang Kontroversial

Mengingat siklus pasar didorong oleh likuiditas global dan pasokan versus permintaan, apa yang berubah pada tahun 2024 yang tidak menjadi faktor di masa lalu? Salah satunya adalah China yang mulai menyuntikkan likuiditas ke dalam ekonomi global dalam upaya menyelamatkan pasar keuangannya.

Lebih penting lagi, adalah dampak dari ETF Bitcoin spot baru yang mulai meningkat permintaannya. Setiap penyedia ETF harus membeli jumlah Bitcoin yang sesuai berdasarkan permintaan atas saham ETF. Minggu ini, ETF membeli total 9.163 BTC dalam satu hari. Hari yang sama, penambangan Bitcoin hanya memproduksi sekitar 900 BTC. Ini menunjukkan bahwa ETF saat ini melebihi pasokan baru Bitcoin sepuluh kali dalam sehari.

Apakah Institusi Mencoba Mendahului Halving?

Jika ETF saat ini menyerap sepuluh kali pasokan baru BTC, maka ini akan menjadi dua puluh kali jumlah BTC baru yang ditambang jika tidak ada perubahan dalam permintaan selama dua bulan ke depan. Ketika halving terjadi pada bulan April, hadiah blok dalam BTC yang diterima penambang dipotong setengah.

Mengingat pasokan akan segera berkurang lebih lanjut, dan seberapa kuat permintaan ETF, matematika sederhana menunjukkan bahwa permintaan secara agresif melebihi pasokan yang tersedia. Cara lain untuk membeli koin baru adalah dengan membuat pemegang menjual. Dan karena keyakinan pemegang Bitcoin yang sering menahan selama bertahun-tahun, solusi satu-satunya untuk membuat mereka menjual adalah dengan menaikkan harga lebih tinggi.

Kekuatan yang Dikonfirmasi di Pasar Crypto

bitcoin halving block
Bitcoin Halving Blok. Sumber: Deltec Bank

Peningkatan awal dalam tekanan beli dapat dilihat pada grafik Indeks Kekuatan Relatif (RSI) bulanan Bitcoin. Dalam semua kasus sebelumnya, BTCUSD mencapai lebih dari 70 pada RSI baik pada saat halving atau dalam bulan-bulan berikutnya. Hanya pada tahun 2024 kita melihat RSI bulanan di atas level bullish kunci ini.

Baca Juga: Shiba Inu Melesat ke 10 Besar, Melampaui Dogecoin dalam Volume Perdagangan

Menariknya, pembacaan di atas 70 pada RSI menunjukkan bahwa Bitcoin overbought. Namun, seperti yang ditunjukkan sejarah, BTCUSD tetap signifikan overbought selama berbulan-bulan pada waktu selama fase paling kuat dari setiap bull run. Dengan BTC di atas 70 pada RSI bulanan, dan permintaan yang luar biasa serta pasokan yang menurun, tidak ada yang bisa memprediksi apa yang mungkin terjadi selama sisa tahun ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array