Bitcoin Mencapai Tingkat ‘Extreme Greed’, ETF Jadi Sorotan!

Bitcoin Mencapai Tingkat ‘Extreme Greed’, ETF Jadi Sorotan!

Keserakahan pasar crypto mencapai puncaknya seiring dengan antisipasi peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin. Indeks Keserakahan dan Ketakutan Crypto menunjukkan angka yang menggambarkan tingkat keserakahan ekstrem, sebuah fenomena yang terakhir kali terjadi ketika Bitcoin berada di harga tertingginya. Apakah ini pertanda baik atau buruk bagi investor?

Indeks Keserakahan Melonjak

fear and greed index btc
Fear and Greed Index per 9 Januari 2024

Indeks Keserakahan dan Ketakutan Crypto telah mencapai angka 76 dari skala maksimum 100, menandakan tingkat keserakahan ekstrem di pasar. Angka ini merupakan yang tertinggi sejak pertengahan November 2021, ketika harga Bitcoin hampir menyentuh $69.000.

Pada 5 Desember, indeks sempat menyentuh angka keserakahan ekstrem dengan skor 75, bertepatan dengan lonjakan harga Bitcoin yang menembus angka $44.000. Sebelumnya, pada 11 November 2021, indeks ini juga mencapai angka serupa dengan skor 77, sehari setelah Bitcoin mencatat harga tertinggi sepanjang masa.

Indeks ini mengumpulkan data dari berbagai indikator kinerja pasar, seperti volatilitas, momentum pasar dan volume, media sosial, survei, dominasi Bitcoin, dan tren untuk memberikan gambaran sentimen pasar setiap hari.

Baca Juga: Bitcoin Melonjak ke $47.000 Hari Ini, Apa Faktor Utamanya?

Antisipasi ETF Bitcoin

Ketika BlackRock mengajukan permohonan ETF Bitcoin pada 15 Juni 2023, skor sentimen pasar berada di zona “Ketakutan” dengan angka 41. Namun, skor tersebut melonjak ke zona “Keserakahan” dengan angka 59 hanya dalam waktu enam hari setelah beberapa manajemen aset lainnya mengikuti langkah BlackRock.

Hal ini menunjukkan betapa pengaruh berita tentang ETF dapat mempengaruhi sentimen pasar. Rekor skor sentimen pasar tertinggi adalah 95 yang terjadi pada 26 Juni 2019, sementara skor terendah yang pernah tercatat adalah tujuh pada 16 Juni 2022, menyusul kejatuhan ekosistem Terra milik Do Kwon.

Saat ini, harga Bitcoin telah mencapai $47.175 pada 8 Januari sebelum sedikit menurun ke $46.850, menurut data dari CoinGecko.

Kesimpulan

Dengan kondisi pasar yang saat ini penuh dengan optimisme, investor crypto di seluruh dunia menantikan keputusan terkait ETF Bitcoin. Apakah ini akan menjadi titik balik bagi Bitcoin atau hanya euforia sesaat? Hanya waktu yang akan menjawab, namun yang pasti, mata dunia tertuju pada perkembangan selanjutnya di pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi