MVRV Bitcoin Sentuh Titik Tertinggi Sejak April 2022!

author:

MVRV Bitcoin Sentuh Titik Tertinggi Sejak April 2022!

Apakah kamu sudah siap untuk menyaksikan era baru mata uang digital? Data terbaru menunjukkan bahwa nilai Bitcoin mungkin telah mencapai dasar jangka panjang, dengan indikator pasar yang menjanjikan.

Mari kita selami lebih dalam untuk memahami apa arti ini bagi para investor dan masa depan crypto!

Bitcoin MVRV: Sinyal Kebangkitan?

bitcoin mvrv sejak 2022
Sumber: Santiment

Data dari firma analitik on-chain Santiment mengungkapkan bahwa rasio nilai pasar terhadap nilai yang direalisasikan (MVRV) Bitcoin telah mencapai titik tertinggi sejak April 2022, berada di angka 61,3%. Ini merupakan indikasi bahwa Bitcoin, yang sempat diperdagangkan di kisaran $43.000 setelah turun dari puncak lokal sekitar $48.000, mungkin telah menemukan dasar harga jangka panjangnya.

Baca juga: Kejutan di Akhir Tahun 2023: Pendapatan Penambang Bitcoin Capai $1,5 Miliar!

Rasio MVRV menghitung kapitalisasi pasar Bitcoin dibandingkan dengan kapitalisasi yang direalisasikan, yang mencerminkan nilai agregat semua koin pada harga terakhir mereka diperdagangkan. Tingkat MVRV yang tinggi menandakan bahwa nilai pasar Bitcoin jauh di atas nilai yang direalisasikan, yang bisa mengindikasikan kemungkinan penilaian yang terlalu tinggi.

Sebaliknya, tingkat MVRV yang rendah menunjukkan bahwa Bitcoin diperdagangkan dengan diskon terhadap nilai yang direalisasikan, yang bisa menjadi peluang pembelian.

Z-Score MVRV: Prediktor Siklus Bitcoin?

Selain peningkatan MVRV, Z-Score MVRV Bitcoin saat ini berada di 1,53, setelah meninggalkan “zona beli” pada Januari. Z-Score MVRV menggunakan deviasi standar untuk mengidentifikasi penyimpangan ekstrem antara nilai pasar dan nilai yang direalisasikan Bitcoin.

Baca juga: Bitcoin Halving 2024: Ini 5 Siklus Potensial yang Perlu Diperhatikan!

Secara historis, tingkat Z-Score yang berkelanjutan di atas 1 telah bertepatan dengan puncak siklus, sementara gerakan ke wilayah negatif telah sejalan dengan dasar pasar. Kenaikan MVRV saat ini, bersamaan dengan Z-Score yang meninggalkan level oversold, menunjukkan bahwa dasar harga kemungkinan telah terbentuk.

Namun, seperti halnya indikator yang berbasis pada data historis, kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan. Investor harus tetap waspada dan mempertimbangkan berbagai faktor sebelum membuat keputusan investasi.

Dengan indikator pasar yang menunjukkan sinyal positif, ini mungkin menjadi momen yang kamu tunggu-tunggu untuk terjun ke dunia crypto. Namun, ingatlah bahwa pasar crypto tetap tidak terduga dan penuh dengan volatilitas. Lakukan risetmu sendiri dan pertimbangkan atau berkonsultasi dengan ahli sebelum mengambil langkah besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: