Bitcoin Meroket Lampaui $56.000 dan Capai Nilai Tertinggi Sejak 2021, Apa Faktornya?

author:

Bitcoin Meroket Lampaui $56.000 dan Capai Nilai Tertinggi Sejak 2021, Apa Faktornya?

Bitcoin kembali mencuri perhatian dunia dengan melonjaknya harga melewati angka $56.000 pada 27 Februari 2024, mencapai puncak tertinggi sejak November 2021.

Lonjakan dramatis ini tidak hanya mengejutkan pasar tetapi juga menandai era baru kepercayaan dan inovasi dalam ekosistem crypto.

Mari kita ulas faktor-faktor utama yang memicu kenaikan fenomenal ini dan apa yang bisa kamu harapkan ke depannya.

ETF Bitcoin dan Kepercayaan Investor

peluncuran etf bitcoin
Sumber: U Today

Lucy Hu, analis senior Metalpha, mengatakan kepada The Block,

“Alasan utama di balik lonjakan ini dapat dikaitkan dengan volume perdagangan Bitcoin spot ETF yang mencapai rekor tertinggi $2,4 miliar pada 26 Februari, yang semakin meningkatkan kepercayaan investor AS pada kelas aset ini.”

Selain itu, persetujuan 11 ETF Bitcoin Spot oleh SEC sejak awal tahun telah menambah optimisme pasar.

Baca juga: Ethereum dan Bitcoin Meroket ke Level Tertinggi, Bagaimana Prediksi Harga Selanjutnya?

Kenaikan harga Bitcoin ini juga didorong oleh likuidasi short Bitcoin senilai lebih dari $157 juta dalam 24 jam terakhir, menurut CoinGlass. Ini menunjukkan bahwa meskipun ada spekulasi bearish, pasar tetap bullish terhadap Bitcoin.

Dukungan dari Tokoh dan Institusi Besar

Dukungan dari tokoh-tokoh penting seperti mantan Presiden Donald Trump dan pembelian agresif Bitcoin oleh MicroStrategy Inc. yang dipimpin oleh Michael Saylor juga berperan dalam memperkuat sentimen positif pasar.

MicroStrategy baru-baru ini menambahkan 3.000 BTC lagi ke dalam portofolionya, menegaskan komitmen jangka panjangnya terhadap Bitcoin.

Selain itu, aliran masuk ke produk investasi crypto, khususnya produk terkait Bitcoin, telah melonjak, melebihi $600 juta hanya dalam minggu lalu. Ini menunjukkan minat investor yang signifikan terhadap Bitcoin dan aset digital lainnya.

Baca juga: Bitcoin dan Altcoin Meroket, Dana Masuk ke Kripto Capai $600 Juta!

Inovasi dan Adopsi yang Terus Berkembang

Bitcoin terus menunjukkan ketahanannya dan daya tariknya di tengah inovasi dan adopsi yang terus berkembang.

Dengan semakin banyak negara yang mengadopsi Bitcoin sebagai standar mata uang dunia baru dan Wall Street yang menawarkan Bitcoin kepada investor 401K untuk manfaat pensiun, Bitcoin semakin mengukuhkan posisinya sebagai aset crypto utama.

Selain itu, aktivitas yang meningkat pada ETF Bitcoin spot di AS, termasuk volume perdagangan harian yang mencapai rekor $2,4 miliar, menunjukkan aktivitas pasar yang signifikan dan minat yang terus tumbuh dari investor tradisional.

Secara keseluruhan, lonjakan harga Bitcoin ke angka $56.000 bukan hanya tentang angka, tetapi lebih kepada gelombang baru kepercayaan dan inovasi dalam dunia crypto.

Dengan dukungan yang kuat dari investor, tokoh penting, dan institusi besar, serta adopsi yang terus berkembang, Bitcoin siap untuk memasuki era baru. Apakah kamu sudah siap menjadi bagian dari perjalanan ini?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: