Harga Bitcoin (BTC) Tembus Rp630 Juta, Tanda Awal Bull Run Crypto?

Harga Bitcoin (BTC) Tembus Rp630 Juta, Tanda Awal Bull Run Crypto?

Kenaikan harga Bitcoin yang mencapai $41.000 atau Rp630 juta (kurs $1 = Rp15.400) telah memicu spekulasi di kalangan investor tentang kemungkinan awal dari bull run crypto berikutnya. Dengan sejarah volatilitas yang tinggi, pasar crypto kini menunjukkan tanda-tanda pemulihan yang membuat banyak orang bertanya-tanya, apakah ini saat yang tepat untuk berinvestasi?

Strategi Investasi Cerdas

strategi investasi cerdas
Sumber: The Japan Times

Sebelum terjun ke pasar crypto, penting bagi kamu untuk membuat rencana investasi yang matang. Pertimbangkan pembagian dana antara crypto utama seperti Bitcoin dan Ethereum, serta altcoin. Gunakan strategi dollar-cost averaging untuk meminimalisir risiko.

Selain itu, tetapkan target keuntungan dan disiplin dalam menerapkannya untuk mengamankan profit di tengah fluktuasi pasar. Diversifikasi portofolio merupakan langkah penting untuk mengurangi risiko.

Seimbangkan investasi antara crypto dengan kapitalisasi pasar besar dan altcoin, dan selalu siapkan strategi keluar untuk setiap aset yang kamu miliki. Jangan tergoda oleh hype dan lakukan riset mendalam sebelum mengambil keputusan investasi.

Baca Juga: Bitcoin Menembus $41.000, Bakal Bullish dalam Waktu Dekat?

Optimisme Pasar dan Tantangan yang Ada

Optimisme pasar saat ini didorong oleh spekulasi bahwa regulator AS akan menyetujui ETF Bitcoin yang diperdagangkan di bursa saham. Namun, Bitcoin masih berada di bawah rekor tertingginya, dan adopsi mainstream masih terbatas.

Meskipun demikian, eksekutif industri crypto optimis tentang masa depan, terutama dengan adanya halving Bitcoin yang dijadwalkan pada Mei 2024. Meskipun ada indikasi positif, analis mengingatkan bahwa rally ini bisa terhenti jika regulator menolak produk ETF.

Selain itu, risiko resesi dan penolakan ETF Bitcoin oleh SEC juga dapat memberikan dampak negatif terhadap pasar.

Baca Juga: Bitcoin Berpotensi ke $100.000 Sebelum Halving? Ini Prediksi CEO Blockstream!

Prediksi Harga Crypto oleh Para Ahli

Beberapa ahli percaya bahwa kita mungkin sedang menyaksikan awal dari bull run crypto berikutnya. Institusi besar seperti BlackRock telah menunjukkan minat yang signifikan terhadap crypto, dan jika Federal Reserve menghentikan pengetatan fiskal, aset berisiko seperti crypto bisa menjadi lebih menarik bagi investor.

Dengan meningkatnya korelasi antara obligasi dan saham, Bitcoin menawarkan diversifikasi yang lebih baik. Jika ETF Bitcoin akhirnya disetujui oleh SEC, dana besar bisa membanjiri pasar, mendorong harga lebih tinggi.

Meskipun masa depan crypto tampak cerah, penting bagi kamu untuk tetap waspada terhadap potensi risiko. Dengan persiapan yang tepat dan strategi investasi yang bijaksana, kamu bisa memanfaatkan peluang yang ada di pasar crypto yang sedang berkembang ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: